Mengapa product roadmap disebut sebagai sebuah strategic tools?

Sumber: 7 Stage IT Strategy | Product Roadmap Templates ❘  My Product Roadmap

Product roadmap adalah rencana yang cocok dengan sasaran bisnis jangka pendek dan jangka panjang dengan solusi teknologi khusus untuk membantu mencapai sasaran tersebut. Roadmap adalah latihan membangun roadmap produk. Roadmap dapat berlaku untuk produk atau layanan baru atau penawaran yang ada. Mengapa product roadmap disebut sebagai sebuah strategic tools?

Menurut pendapat saya. product roadmap sendiri memang bertentangan dengan praktik banyak organisasi, product roadmap tidak dimaksudkan sebagai dokumen statis untuk menyajikan rencana produk dan kemudian disisihkan ketika pekerjaan dimulai.

Product roadmap harus menjadi bagian penting dari pekerjaan sehari-hari seorang manajer produk. Jika dibuat dan dikelola dengan benar, roadmap dapat membantu tim produk memeriksa tujuan strategis mereka. Pada saat yang sama, ia dapat memberikan kerangka kerja yang jelas untuk merencanakan, melacak, dan mengelola tugas-tugas terperinci yang diperlukan untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan.

Inilah sebabnya product roadmap tidak boleh dibuat dalam bentuk alat presentasi dan dokumen dan harus terus diperbarui secara manual. Jika tidak maka akan menjadi semakin tidak berharga seiring berjalannya waktu. Maka diperlukan gaya untuk membuat suatu product roadmap yang tepat untuk sebuah organisasi yang dapat membantu tujuan strategis organisasi.