Mengapa PNS Selalu Jadi Incaran Mertua?


Pegawai Negeri Sipil, Aparatur Sipil Negara, Abdi Negara dan lainnya selalu menjadi incaran calon mertua. PNS selau dianggap pekerjaan paling ideal di mata para orang tua. aku penasaran kenapa para orang tua sangat gencar mencari pasangan anaknya seorang PNS? atau menyuruh anaknya menjadi salah satu dari Aparatur Sipil Negara.
Selesi yang dilewati untuk menjadi seorang PNS tidak lah mudah. terutama untuk abdi negara yang dilatih mental dan fisik secara tegas. bahkan ada beberapa kasus yang merugikan dari kerasnya kehidupan di ruang lingkup abdi negara. namun, akan menjadi suatu kebanggan bagi orang tua jika anaknya menjadi salah satu abdi negara. benar bukan?

menurut Youdics, mengapa PNS selalu jadi incaran mertua? apakah menjadi PNS salah satu tujuan Youdics?

Sebagai orang tua menginginkan anaknya mendapatkan calon suami/isri yang terbaik terutama dalam pekerjaanya. Meski tidak semua orang tua menuntut mencari calon yang memiliki pekerjaan terjamin. Namun, memperkenalkan calon suami yang memiliki pekerjaan PNS biasanya akan mempermudah mendapatkan hati dari orang tuanya. Hal ini bukan tanpa sebab, ada beberapa alasan yang mendasari mengapa banyak orang tua yang ingin anaknya memiliki calon yang bekerja sebagai PNS. Karena PNS sudah dijamin oleh negara mengenai kesejahteraan hidupnya hingga keluarganya, yang berarti anaknya pun akan hidup terjamin nantinya. Terjaminnya urusan finansial ini tidak hanya saat PNS tersebut masih menjabat, melainkan saat PNS ini sudah pensiun pun tidak akan ada kekhawatiran tidak mendapatkan asupan finansial setiap bulannya. Bahkan, selain gaji pensiun juga akan mendapatkan tabungan pensiun (taspen). Jika sudah membahas kesejahteraan seperti ini, orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya dipersunting oleh PNS.

Tapi bagi sebagian orang tua, hanya memiliki karir yang terjamin saja belum cukup. Banyak juga orang tua yang mementingkan akhlak serta attitude yang baik bagi calon menantunya untuk mendapatkan anaknya karena mungkin jika anaknya dinikahi oleh orang yang memiliki akhlah baik orang tua akan lebih merasa anaknya dijaga dan di perlakukan dengan baik.

1 Like

Setuju dengan kak @muthiagustina , salah satu alasan banyak sekali orang tua yang ingin mendapatkan menantu PNS yaitu karena faktor kesejahteraan, menjadi PNS tidak mengenal kata PHK, kecuali jika melakukan pelanggaran sehingga akan lepas jabatan, selain itu PNS memiliki tunjangan dan jaminan di hari tua. Dan mungkin menurutku, masih banyak orang tua yang kurang mengenal beberpa pekerjaan lain yang memiliki “kesejahteraan” yang sama bahkan lebih dari sekedar PNS. Namun, jika ditanya apakah menjadi PNS adalah salah satu tujuan ? Iya, karena prodi yang aku ambil sekarang adalah pendidikan, sehingga untuk jenjang karir ke depannya akan lebih baik jika bisa menjadi PNS.

1 Like

Wah pertanyaan yang menarik kak @Sherlyeza. Saya sendiri kerap mendengar mengenai hal tersebut, bahwa PNS menjadi incaran mertua. Hal tersebut tak ada salahnya menurut saya karena setiap orang pasti memiliki pekerjaan ideal mereka masing-masing, begitu juga dengan idealnya menantu salah satunya. Apabila didalami lebih jauh, menurut saya ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Pertama, PNS merupakan pekerjaan yang terjamin kesejahteraannya. Seperti yang telah dituliskan oleh kak @muthiagustina bahwa dengan pekerjaan PNS sudah terjamin hidupnya hingga pensiun. Adanya uang pensiunan yang diterima oleh PNS ketika mereka pensiun menjadi salah satu pertimbangan. Mereka tak perlu risau akan hari tua karena sudah ada uang pensiunan tersebut.

Kedua, bisa jadi mereka dari lingkungan yang dekat dengan pekerjaan sebagai PNS. Ketika kita akan menganggap bahwa pekerjaan ideal itu sebagai PNS ketika kita berada dari lingkungan yang dekat dengan pekerjaan sebagai PNS, seperti ayah menjadi PNS, kakek dan nenek juga PNS, om dan tante juga PNS. Begitu juga dengan keluarga yang mengincar menantu bekerja sebagai PNS. Mereka tahu bahwa pekerjaan sebagai PNS dapat menjamin hidup mereka. Terkadang juga kita akan mengikuti jejak mereka sebagai PNS juga. Namun, semua itu juga tergantung pada pribadi masing-masing, ingin memiliki pekerjaan seperti apa.

1 Like