Mengapa Platinum lebih Mahal Dibanding Emas?

Mengapa Platinum lebih Mahal Dibanding Emas?
platinum
Platinum adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Logam transisi putih abu-abu ini padat, lunak, ulet, sangat tidak reaktif, dan berharga. Namanya berasal dari istilah Spanyol Platinum, yang jika diterjemahkan secara harfiah berarti “perak kecil”. Platinum adalah anggota unsur golongan Platinum dan unsur dalam golongan 10 pada tabel periodik. Ia memiliki enam isotop alami. Logam ini adalah salah satu unsur langka di kerak bumi dengan kelimpahan rata-rata sekitar 5 μg/kg.

Dapat diketahui bahwa harga dari Platinum lebih mahal dibanding dengan emas karena Platinum lebih padat dibanding emas. Hal inilah yang membuat logam Platinum lebih berat sekitar 50% dari pada emas, Misalnya, jika cincin emas memiliki berat 10 gram, maka bila logam cincin tersebut digant dengan platinum, berat cincin tersebut akan mencapai 15 gram. Berhubung harga perhiasan dihitung dari berat logamnya, maka tentu saja perhiasan dari platinum akan merniliki harga lebih tinggi dibanding perhiasan dari emas.

Saat membuat perhiasan, logam akan dicairkan dan dicampur dengan logam lain terlebih dahulu. Perhiasan platinum menggunakan 95% platinum dan 5% campuran logam lain. Sementara, perhiasan emas 18 karat menggunakan emas 75% dan 25% campuran logam lain Logam platinum biasanya dicampur dengan logam yang masih dalam satu keluarga platinum. Logam campuran ini memiliki harga yang hampir setara dengan platinum. Sedangkan perhiasan emas biasanya dicampur dengan logam lain yang nilainya lebih rendah dari emas, misalnya perak dan tembaga. Selain itu, perhiasan platinum juga memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding emas. Inilah yang membuat harganya lebih mahal.

Perhiasan platinum umumnya memiliki biaya produksi yang lebih besar daripada biaya produksi emas. Pasalnya, logam platinum lebih sulit dibentuk menjadi perhiasan, berbeda dengan logam emas yang lebih lunak dan mudah dibentuk. Hal ini disebabkan karena emas memiliki titik lebur di 1949 derajat Fahrenheit, sementara platinum memiliki titik lebur di 3214 derajat Fahrenheit. Nah, semakin tinggi titik leburnya, maka proses peleburan logam akan membutuhkan peralatan yang lebih canggih untuk mencapai suhu tinggi tersebut dengan aman.

Daftar Pustaka :
IniItu. 2020. Pengertian Platina, Sifat, Negara Penghasil Dan Manfaatnya. Diakses di : Pengertian Platina, Sifat, Negara Penghasil dan Manfaatnya. Diakses pada: 31 Agustus 2020.
Orori. 2020. Mengapa Perhiasan Platinum Lebih Mahal dari Emas. Diakses di : https://www.orori.com/ororeads/perhiasan-emas-vs-platinum. Diakses pada : 31 Agustus 2020.

Keren banget pembahasannya bahkan aku pribadi baru tahu tentang informasi ini. Tapi mungkin ga sih kedepannya masyarakat akan lebih tertarik menggunakan platinum dibanding emas? lalu apasih kekurangan penggunaan platinumini sendiri?

Menurutku mungkin banget kalo platinum akan lebih diminati kedepannya karena kalo perhiasan dari platinum itu warnanya tidak berubah itu berbeda dengan emas yang kadang karena terlalu banyak campuran logam lain menyebabkan warna emas itu sendiri berubah, lalu karena platinum itu jauh lebih kuat dari emas sehingga hal tersebut bisa membuat orang lebih tertarik untuk membeli platinum dibanding emas. Untuk kekurangan dari platinum sendiri itu lebih sulit dibentuk , sehingga memerlukan peralatan yang lebih canggih ataupun ahli yang baik untuk membuat platinum, kekurangan lainnya juga platinum sulit didapatkan, tambang tambang platinum didunia ini masih belum sebanyak tambang emas, dan yang pasti harganya lebih mahal sehingga kurangnya minat pembeli untuk membeli platinum ini

izin ya kak ditambah sedikit

Kekurangan
  1. Cukup rumit

Tekstur keras dan padat yang terdapat pada platinum rupanya dapat menjadi salah satu kekurangan. Hal tersebut akan membuat platinum susah untuk dibentuk.

  1. Harga lebih mahal

Bahan yang terkandung dalam cincin platinum membuat harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan emas. N

  1. Lebih berat

Bahan dasar platinum terbilang cukup berat jika dibandingkan dengan bahan berjenis lain. Hal itu disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalamnya.

  1. Tidak dapat dijual lagi

Material platinum tidak dapat dijual kembali karena sedikitnya peminat.

Kelebihan
  1. Tampilan terlihat indah

Platinum memiliki tampilan yang indah dan menawan. Warnanya yang putih, halus dan cerah membuat Produk jenis ini sangat terlihat mewah. Saat hendak membelinya, kamu akan terpikat oleh tampilannya yang berkilau.

  1. Daya tahan kuat

Kekuatan yang dimiliki oleh platinum sudah tidak perlu diragukan lagi. Material ini tahan terhadap benturan karena mempunyai tekstur yang padat dan keras. Jadi, kamu tidak perlu takut dan ragu akan timbulnya goresan pada Bahan ini. Berat dari bahan dasar ini pun tidak akan berubah saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Tidak menimbulkan alergi

Banyak orang yang terlalu sensitif dan berujung alergi terhadap sebuah perhiasan. Dengan demikian, orang perlu berpikir keras saat ingin menjatuhkan pilihan pada perhiasan yang diinginkan. Akan tetapi, tidak jika kamu memutuskan untuk membeli Produk berbahan dasar platinum.

Cincin ini mempunyai sifat hypoallergenic dimana sang pemakai tidak perlu takut akan timbulnya alergi yang ditimbulkan dari perhiasan itu sendiri. Bisa dikatakan, cincin platinum cocok untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif.

  1. Warna tidak mudah pudar

Hal ini sering menjadi pertimbangan saat ingin membeli sebuah perhiasan. Pembeli takut apabila perhiasan yang telah dibeli akan berubah warna atau bahkan pudar. Penyebab pudarnya perhiasan biasanya karena terkena air saat mandi. Namun, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal itu saat membeli sebuah perhiasan dengan bahan platinum. Kandungan yang terdapat pada perhiasan ini membuatnya tetap berkilau dan bercahaya.

  1. Perawatan mudah

Untuk hal perawatan, kamu tidak memerlukan usaha yang susah. Sebab, platinum tidak akan tergores, berubah warna atau bahkan pudar.

artikel yang bagus banget kak! aku jadi penasaran, kira" apa ya alternatif bahan yang mirip/ mendekati sama platinum? soalnya kan platinum mahal dan popularitasnya lebih kecil dibanding sama emas, jadi mungkin jugakah karena itu dikit peminatnya? dan aplikasi platinum kebanyakan di apa ya? terimakasihh :0

Sekarang udah banyak kok orang yang make platinum contohnya kayak pernikahan mas kawin nya banyak yang pake platinum

Wah terimakasih, jadi kalo perhiasan platinum itu memang mahal ya kita lihat saja dari campuran logam murninya saja bisa sampai 90% lebih, nah logam yang bisa dicampur dengan platina itu logam yang sekeluarga dengan platina seperti rodium, paladium dan lain lain. Tapi memang platinum itu yang menjadi daya jual yaitu kelangkaannya.
Nah kalo jntuk aplikasinya saat ini karena harga yang mahal kebanyakan masih digunakan untuk perhiasan seperti cincin, kalung maupun gelang.

Terimakasih kak atas jawabannya, bener banget jawabanya sekarang banyak digunakan untuk perhiasan yang termasuk logam mulia, perhiasan cincin kawin, gelang, kalung dan lainnya. Ada juga platinum yang dimanfaatkan untuk konverter katalitik , kontak listrik, bidang pengobatan dan magnet.