Mengapa planet Venus menjadi planet yang paling terang di galaksi Bima Sakti ?

planet

(dummymr) #1

planet Venus

Di antariksa terdapat galaksi yang bernama Bima Sakti, yang dimana terdapat planet-planet di dalamnya, dan venus adalah planet yang paling terang, apakah penyebabnya?


(Nofry Arman) #2

Mengutip situs Earthsky.org, ketika cahaya Matahari menyinari planet, beberapa cahaya terserap oleh permukaan atau atmosfer si planet, dan sebagian dipantulkan.

Venus memiliki albedo tertinggi dibanding planet besar lain di tata surya. Albedo-nya mencapai titik .7, yang memiliki arti bahwa planet ini memantulkan sekitar 70 persen cahaya Matahari.

Sebagai perbandingan, saat Bulan sedang dekat dengan langit Bumi, Bulan bisa terlihat lebih terang dari Venus, namun Bulan hanya memantulkan 10 persen cahaya.

Albedo rendah Bulan disebabkan dari materialnya yang kebanyakan dari batu vulkanik gelap. Bulan terlihat begitu terang dari Bumi karena jaraknya yang cukup dekat.

Sementara Venus bisa begitu terang karena diselimuti oleh awan yang memiliki tingkat pantulan yang tinggi. Awan di atmosfernya mengandung titik-titik kecil asam belerang. Cahaya Matahari memantul dengan mudah di awan Venus adalah alasan utama mengapa ia bisa begitu terang.

Sumber: