Mengapa Plan Quality Management merupakan komponen penting dalam projek quality management?

manajemen kualitas

Plan Quality adalah dokumen, atau beberapa dokumen, yang bersama-sama menentukan standar kualitas, praktik, sumber daya, spesifikasi, dan urutan aktivitas yang relevan dengan produk, layanan, proyek, atau kontrak tertentu.

Projek Quality Management merupakan bagian dalam skema besar construction project management, dimana aktivitas dan prosesnya diperlukan untuk menentukan dan mencapai kualitas projek. Dalam membangun projek quality management, ada tiga proses utama yang penting yaitu :

  1. Plan Quality
  2. Perform Quality Assurance
  3. Perform Quality Control

Plan Quality Management merupakan salah satu komponen penting, mengapa? Karena merupakan proses untuk mengidentifikasi standar kualitas yang relevan, sesuai dengan kebutuhan, dan memenuhi standar peraturan yang berlaku di masing-masing bagian pekerjaan, menetapkan standar spesifikasi yang dibutuhkan dalam proyek dan perencaaan strategi standar yang telah direncanakan.

Plan Quality Management juga dikembangkan untuk memastikan mutu dari hasil pelaksanaan projek dan mengatur bagaimana pengontrolan mutu selama projek berlangsung.

Plan Quality Management juga mempunyai komponen utama, yaitu :

  1. Penentuan kebijakan mutu (Quality Policy)
  2. Penentuan penanggung jawab kebijakan mutu
  3. Penentuan arah pencapaian mutu
  4. Penentuan strategi pencapaian mutu

(sumber : Project Quality Management )