Mengapa petunjuk darurat berwarna hijau?

Petujuk darurat

Mengapa petunjuk pintu darurat berwarna hijau? Mengapa bukan merah, supaya mengingatkan kita akan adanya bahaya?


Sumber gambar : Dreamstime.com

Buku ‘Sains dalam Alquran’ yang ditulis Nadiah Thayyarah mengungkapkan, para ahli jiwa berhasil mengungkap bahwa satu-satunya warna yang dapat mendatangkan kebahagiaan pada diri seseorang adalah warna hijau.

Ketika akan dioperasi, pasien diharapkan dapat merasakan kebahagiaan saat melihat warna hijau. Selain hijau, warna kuning juga mendorong sistem saraf manusia. Oleh sebab itu, rambu-rambu jalan raya sebagian besar memakai warna kuning. Warna ini memiliki gelombang yang lebih panjang daripada warna lainnya.

Berikut Penjelasan dalam ilmu Sains :

Warna hijau mudah diserap oleh sel ganglion
Manusia dapat melihat warna karena adanya sel ganglion dan sel bipolar di dalam retina. Sel ganglion terangsang oleh sinar yang kuat. Pada saat lampu padam, sel ganglion yang kuat di kegelapan berfungsi. Dalam sel ganglion terdapat pigmen rodopsin. Rodopsin ini mudah menyerap sinar warna hijau, namun tidak dapat menyerap sinar warna merah. Karena itu warna hijau lebih terlihat dalam kegelapan dibandingkan dengan warna merah.

Mudah dilihat saat hanya ada sedikit cahaya
Pintu darurat di gedung-gedung memang dibuat untuk keadaan darurat. Saat keadaan darurat seperti kebakaran atau gempa bumi, biasanya listrik dipadamkan. Hanya ada sedikit cahaya di dalam gedung. Warna hijau adalah warna yang paling mudah dilihat saat cahaya di ruangan hanya sedikit. Melihat warna hijau juga tidak membuat mata cepat lelah.

Sumber : Wow! Rupanya Warna Berpengaruh terhadap Kehidupan Manusia dalam Penjelasan Alquran dan Sains : Okezone techno