Mengapa Pesawat Terbang Berwarna Putih?

Pesawat Terbang umumnya berwarna putih, karena :

  1. Memiliki sifat termal
    Warna putih adalah reflektor hebat sinar matahari dan mencerminkan hampir semua cahaya yang jatuh diatasnya, tidak seperti warna lain yang menyerap beberapa cahaya. Selain merefleksikan sinar matahari, warna putih juga bisa menghindari badan pesawat dari pemanasan, yang nantinya membuat sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan badan pesawat di cuaca yang cerah dan kondisi tanah yang panas.

  2. Retakan atau kerusakan pada badan pesawat mudah terdeteksi
    Retakan akan mudah terdeteksi pada barang dengan warna putih, begitu pun dengan pesawat. Warna putih yang melekat pada badan pesawat, akan membuat para teknisi lebih mudah untuk melihat apakah ada keretakan, kepenyokan, atau kerusakan lainnya pada permukaan pesawat, karena warnanya akan terlihat kontras dengan warna pada badan pesawat tersebut. Hal ini tentu saja sangat berperan dalam meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, yang disebabkan karena kecacatan pada badan pesawat terbang.

  3. Warna putih memudahkan untuk dikenali jika seandainya terjadi kecelakaan pesawat
    Warna putih dianggap sebagai warna mencolok oleh pembuat pesawat terbang. Jadi, jika seandainya terjadi hal di luar perkiraan seperti misalnya kecelakaan pesawat, proses pencariannya akan lebih dipermudah dengan warna putihnya yang terlihat kentara. Contohnya saja ketika pesawat jatuh ke dalam laut, warnanya akan menjadi acuan bagi para penyelam saat bertugas mencari keberadaan dari badan pesawat.

  4. Pesawat berwarna memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah
    Jika kamu memiliki pesawat berwarna dan ingin menjualnya, kamu harus memastikan bahwa warnanya tidak begitu luntur. Seperti kamu ketahui, tujuan akhir dari sebuah perusahaan penerbangan adalah untuk meminimalkan biaya. Membeli pesawat berwarna akan memungkinkan harus mengecatnya menjadi putih, untuk berbagai alas an seperti luntur, dll. Oleh karena itu, perusahaan akan membayar dengan harga yang lebih rendah untuk sebuah pesawat berwarna.

  5. Warna putih tak akan pudar.
    Saat terbang di ketinggian akan terkena berbagai kondisi atmosfer, pesawat terbang berwarna cenderung memudar sehingga membutuhkan banyak pekerjaan untuk mengecatnya agar mempertahankan estetika pesawat. Berbeda dengan pesawat berwarna putih yang tidak akan memudar secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara.