Mengapa perusahaan membutuhkan MOV (Measurable Organizational Values) dalam menjalankan bisnisnya?

Mengapa perusahaan membutuhkan MOV (Measurable Organizational Values) dalam menjalankan bisnisnya? Apakah MOV berperan penting dalam bisnis tersebut?

Singkatnya, definisi dari MOV (Measurable Organizational Values) sendiri merupakan goal atau tujuan dari sebuah proyek dimana hal tersebut digunakan untuk men-define sebuah value, impact yang diberikan oleh project tersebut pada klien atau pelanggan.

Jika terdapat mengapa perusahaan membutuhkan MOV dalam menjalankan bisnisnya? Jawaban yang dapat diuraikan adalah, karena MOV merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis atau proyek. Jika orang-orang proyek atau orang-orang yang terlibat dalam pengerjaan sebuah proyek tidak mengetahui apa tujuan, apa yang harus diberikan, atau sukar untuk mengidentifikasi apa saja yang akan dikenai dampak (baik itu dalam area sosial, finansial, pelanggan, dan sebagainya) akan proyeknya terssebut, maka menurut saya, pengerjaan proyek tersebut ibarat kapal yang mengarungi lautan tanpa kompas. Sehingga sewaktu-waktu kapal tersebut dapat tersesat atau kehilangan arah. Sehingga ia juga akan kesusahan untuk mencapai goal atau tujuannya. Begitu juga dengan perusahaan. MOV juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi apakah proyek ini akan sukses atau berhasil dikemudian hari.

Pada intinya, MOV memang memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah pengerjaan proyek, karena dengan MOV, perusahaan atau orang-orang yang bekerja dalam proyek dapat mengetahui banyak hal terkait dengan kesuksesan proyeknya, maupun dari sisi pelanggannya.

Referensi:
http://higheredbcs.wiley.com/legacy/college/marchewka/0470371935/husky/Assignments/Assignment_2/assignment_2.html

Dalam organisasi atau perusahaan, MOV atau Managerial Organizational Value sangatlah dibutuhkan, dimana akhir-akhir ini MOV sangatlah penting dan dapat disebut sebagai fondasi dari suatu perusahaan, karena didalamnya terdapat banyak nilai atau poin yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam pemilihan keputusan dalam semua level organisasi, baik oorganisasi dalam skala kecil maupun besar.

Pentingnya MOV dalam perusahaan karena mencakup beberapa aspek seperti tujuan dari perusahaan, ukuran sukses dari perusahaan dan lain sebagainya, dimana aspek terusebut antara satu dan lainnya sangat terkait dengan lainnya. MOV sendiri juga mempunyai tahapan-tahapan dalam membangun MOV itu sendiri, sehingga MOV yang ada di perusahaan, tidak instant berhasil diimplementasikan namun memiliki tahapan sendiri. MOV juga penting dalam komunikasi manajerial dalam perusahaan, dimana memiliki target tertentu

Target nilai dalam penerapan MOV dalam manajerial perusahaan digambar dalam lingkaran cincin dimulai dari organizational values yang berada dalam lingkaran yang paling dalam yang berpengaruh pada kepercayaan anggota organisasi. Kepercayaan anggota organisasi itu sendiri berdasarkan pada ekspektasi mereka pada tingkah laku dari organisasi itu sendiri yang dapat menyebabkan tingkah laku pada member organisasi itu sendiri berubah terhadap isu-isu yang ada.

Intinya adalah MOV

sangat berperan penting untuk perusahaan kedepannya, baik nilai organisasi itu sendiri, hubungan dengan pegawai mereka, nilai organisasi itu sendiri, komunikasi organisasi terhadap nilai pengguna, nilai suatu organisasi terhadap stakeholder,

Sumber :
Malbasic, Ivan dan Brcic Ruza.2012. Organizational Values in Managerial Communication.Management, Vol 17.

Suatu perusahaan tentunya menginginkan agar perusahaan tersebut mejadi perusahaan yang berhasil, menjadi perusahaan yang sukses dalam menjalankan bisnisnya. Untuk menjalankan bisnis dalam suatu perusahaan tentunya bukanlah hal yang sepele. Perlu dilakukan analisis apa saja yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan.

Apa-apa saja yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan dapat didefinisikan dengan MOV (Measurable Organizational Value). Di dalam MOV, dilakukan beberapa tahap yang berguna untuk melakukan analisis, dan juga menentukan tujuan (goals), visi, dan value dari perusahaan. Pada tahap pertamanya, perusahaan harus melakukan identifikasi terhadap area yang terkena dampak dari pengembangan proyek perusahaan. Dari tahap itu saja menurut saya sudah dapat dibilang dengan MOV, perusahaan menjadi lebih siap, karena perusahaan tersebut mengerti dan paham akan apa yang terkena dampak dalam proses menjalankan bisnis. Sehingga dalam menentukan keputusan, akan banyak hal yang dapat dipertimbangkan agar keputusan juga tidak sembarangan.

MOV dapat dikatakan sebagai pondasi untuk menuju kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Karena jika tidak mendefinisikan MOV, maka dalam menjalankan bisnis tidak ada arah, fokus, dan tujuan yang jelas. Sehingga perusahaan tidak akan menjalankan bisnis dengan sukses. Akan tetapi jika perusahaan mendefinisikan MOV terlebih dahulu, maka perusahaan tersebut berarti melakukan persiapan dulu akan apa yang ingin dijalankan dalam bisnisnya. Karena dengan persiapan yang baik, maka akan memudahkan dalam melakukan suatu hal.

Jika ditanya mengapa perusahaan membutuhkan MOV, dan apakah MOV memiliki peran penting. Maka jawabannya ialah iya, perusahaan membutuhkan MOV dalam menjalankan bisnis, serta MOV tentu memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis suatu perusahaan.

Referensi:


MOV merupakan singkatan dari Measurable Organization Value yang sebenarnya ditujukan untuk melakukan evauasi terhadap nilai dari investasi yang selama ini dikenal dengan sebutan ROI. Marchewka. Dan dengan sebutan itu juga bisa mendifinisikan MOV ini yang mempunyai tujuan keseluruhan proyek dan bisa menjadi tolak ukur kesuksesan suatu perusahaan. Lalu, secara tidak lagsung MOV bisa menggambarkan sebuah proyek pada suatu perusahaan bisa diukur. Maksudnya sebagai mana tingkat kesuksesan dari suatu proyek tersebut. Lalu, bisa memberikan nilai bagi organisasi, dan sudah disepakati serta sudah diverifikasi pula.

Lalu, pada sebuah perusahaan membutuhkan MOV dalam menjalankan bisnisnya karena sebuah proyek system informasi harus bisa terukur dengan jelas meskipun terlihat sulit. Maksud dari pernyataan tersebut adalah jika suatu perusahaan ingin membuat sebuah system yang mempermudah pekerjaan karyawan yang pastinya akan menimbulkan kesenangan tersendiri bagi karyawan tersebut. Namun kesenangan tersebut tidak bisa dilihat dari tolak ukurnya. Tetapi, bisa disimpulkan bahwa jika karyawan senang pasti seorang karyawan tersebut bekerja dengan baik pula.

Jadi, MOV (Measurable Organization Value) sangat mempunyai peran penting bagi suatu bisnis maupun perusahaannya. Karena bisa kita lihat sendiri seperti tujuan MOV diatas bisa membantu suatu perusahaan maupun bisnis yang dikerjakan bisa mendekati tujuan bisnisnya. Dengan memberikan nilai, untuk mempertimbangkan suatu keputusan ataupun kesepakatan yang sudah disepakati pihak pada bisnis tersebut.

Referensi :