Mengapa Perubahan Sosial Terkait Erat Dengan Perubahan Kebudayaan?

Garth dan Mills mengemukakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi baik kemunculan, perkembangan, bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu terhadap tatanan yang meliputi struktur sosial.

Lalu, mengapa perubahan sosial terkait erat dengan perubahan kebudayaan?

Perubahan sosial merupakan perubahan- perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu warga yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial , dan pola perilaku di selang kumpulan-kelompok dalam warga.

perubahan sosial erat dengan perubahan kebudayaankarenakan tahapan perubahannya menggunakan pendekatan budaya seperti interaksi budaya, identifikasi budaya dan yang terakhir implementasi budaya . perubahan sosial budaya juga terjadi umumnya karena pengaruh dari budaya luar.

terlebih pada era yang telah mengalami banyak perubahan karean adanya kemajuan teknologi, adanya era globalisasi dan westernisai semakin membua perubahan sosial yang juga berdampak pada kebudayaan. sebagai contoh kita kita sudah bisa berinteraksi secara global dan bersosialiasi dengan masyarakat di negara lain, yang kemudian kita juga mempelajari kebudayaan mereka. bagi yang tidak bisa memfilter pengaruh yang masuk tentunya akan mendapatkan dampak negatif.

sebagai contoh dengan adanya akses internet yang sangat cepat kita bisa mengakses berbagai kehidupan di negara lain dan mengetahui tradisi-tradisi mereka yang perlahan mulai kita tiru. selain itu dengan adanya KPOP juga menjadi salah satu faktor perubahan atau pergeseran nilai-nilai kebudayaan.

1 Like

Menurut saya, alasan mengapa perubahan sosial terkait erat dengan perubahaan kebudayaan karena konsumsi masyarakat akan budaya populer. Budaya populer telah memberikan perubahan dan pengaruh yang cukup besar di Indonesia, seperti K-Pop atau J-Pop. Keduanya memberikan perubahaan seperti gaya rambut, pakaian serta musik. Konsumsi budaya populer terus menerus inilah yang menyebabkan adanya perubahan sosial di masyarakat apalagi dengan adanya globalisasi yang menyebabkan semakin mudahnya kita menikmati budaya populer tersebut.

1 Like