Mengapa Permainan mobile game mayoritas di mulai dari kiri ke kanan?


(Ridho Hardiansyah) #1

apakah kalian pernah terpikirkan bahwa banyak permainan-permainan yang ada di hp anda sekarang ini mayoritas bergerak dari kiri lalu ke kanan mengapa tidak dari kanan ke kiri apakah akan menggangu jalanya permainan ?
misal :

flappy bird[https:
.

super mario bros:

drag racing:


(Abdul Yasir Halomoan) #2

Menurut para psikolog sesuatu yang bergerak lebih mudah di cerna oleh otak apabila benda tersebut bergerak dari belakang kedepan, ataupun dari kiri kenan (source : line news). Oleh sebab itulah kita akan merasa aneh atau tidak nyaman jika benda tersebut bergerak dari arah sebaliknya
Saya juga pernah memainkan sebuah game side scrolling di android yang level awalnya mulai dari kiri kanan, setelah beberapa level akhirnya tiba di level yang bermula dari kanan ke kiri, saya pun mulai kebingungan dan salah jalan.


(Achmad Lintang Wiranandha) #3

Psikolog bernama Dr. Peter Walker dari Universitas Lancaster meneliti tentang kenapa video game side-scrolling seperti Super Mario atau Sonic menggunakan side-scroll dari kiri ke kanan.
Sebenarnya jawabannya sederhana: Pergeseran dari kiri ke kanan lebih masuk akal bagi otak kita.

Dr. Walker menyimpulkan bahwa otak kita berkorelasi dengan kecepatan dan pergerakan yang condong ke depan.

“Satu percobaan grafis menggunakan sebuah benda yang condong ke depan ke arah benda itu bergerak, semakin condong benda itu, semakin cepat gerakannya. Percobaan lain, memperlihatkan bahwa penelitian baru baru ini menggunakan benda yang bergerak dari kiri ke kanan.”

Akan tetapi, bias otak hanya bekerja saat sesuatu bergerak seperti pada game atau video.

“Bias arah kanan dicoba pada foto benda yang bergerak dan tidak bergerak, ternyata otak tidak bereaksi pada bias pergerakan jika benda bergerak dari kanan ke kiri atau jika benda tersebut diam ditempat”

Jadi, karakter bergerak dari kiri ke kanan karena seperti itulah otak kita mempresepsikan pergerakan.

Sumber: TechTimes


(Made Tri Ganesha) #4

menurut saya itu semua dikarenakan kita sudah terbiasa dalam keadaaan dari kiri kekanan, misalnya membaca, membuka halaman pada buku, dan hal-hal lainnya. keadaaan ini tentunya juga dialami oleh pembuat game sehingga mereka membuat game yang arahnya dari kiri ke kanan. selain itu juga dikarenakan otak kita sudah terbiasa dengan arah dari kiri ke kanan sehingga jika menggunakan arah dari kanan ke kiri akan membuat otak kita sedikit bingung,