Mengapa perlu mempelajari perilaku konsumen saat melakukan customer research?

Dalam customer research ada 2 hal penting yang disorot, yaitu bagaimana konsumen akan bereaksi di pasar dan bagaimana memahami alasan mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari perilaku konsumen. Untuk bisa memahami konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran harus memahami terlebih dahulu apa yang dipikirkan (kognisi), apa yang dirasakan (afeksi), dan apa yang mereka lakukan serta kejadian sekitar yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan, dirasa, dan dilakukan konsumen.

perilaku konsumen

Berikut ini beberapa alasan mempelajari perilaku konsumen:

  • Analisis konsumen menjadi dasar bagi manajer pemasaran untuk membantu mereka dalam: menyusun sebaran pemasaran, segmentasi, diferensiasi dan product positioning, menyediakan dasar analisis lingkungan, dan mengembangkan riset pasar.

  • Analisis konsumen memainkan peran kristis dalam pengembangan kebijakan publik.

  • Pengetahuan mengenai perilaku konsumen dapat mengembangkan kemampuan konsumen untuk menjadi konsumen yang lebih efektif.

  • Analisis konsumen memberikan pengetahuan tentang perilaku manusia.

  • Dapat memberikan 3 jenis informasi, yaitu: orientasi konsumen, fakta mengenai perilaku pembelian, dan teori yang membimbing dalam proses berpikir.