Mengapa perlu membagikan rencana product roadmap kita pada stakeholder atau customer ?

Mengapa perlu membagikan rencana product roadmap kita pada stakeholder atau customer ?

Beberapa alasan harus membagikan atau menunjukkan product roadmap pada stakeholder atau customer :

1. Untuk mendapatkan feedback

Dengan membuat roadmap menjadi publik, maka akan dapat mempermudah untuk mengumpulkan feedback yang bermanfaat dari pelanggan Anda, karena dapat mengukur apakah mereka terlibat dengan rencana atau apakah mereka lebih suka anda menangani hal lain terlebih dahulu.

Dalam pengalaman saya, pelanggan senang dapat melihat roadmap yang dibuat, dan itu sering kali menjadi titik awal untuk beberapa tanya jawab yang benar-benar hebat. Hal ini juga merupakan cara yang rapi untuk menunjukkan kepada pelanggan bagaimana anda menggunakan feedback mereka, dimana saat akan menambahkan fitur dan inisiatif baru ke roadmap Anda, berdasarkan permintaan dan komentar mereka.

2. Menunjukkan progress dan tetap di jalur

Roadmap adalah artefak yang berguna untuk memberi tahu pelanggan anda arah yang akan diambil untuk memenuhi visi produk Anda.

Pada saat yang sama, saya berpendapat bahwa hal terpenting yang mendukung roadmap adalah visi produk. Ada banyak jalur yang dapat dikembangkan oleh pengembangan produk, tetapi jika tidak menetapkan tujuan, anda dapat mengakhiri proses roadmap tersebut. Visi produk adalah apa yang membuat roadmap di jalur, sehingga mengartikulasikannya kepada pelanggan, pemangku kepentingan dan investor memungkinkan anda untuk memperkuat visi tersebut.

3. Pemberian informasi menyesuaikan pada audience

Jangan takut memiliki beberapa versi peta jalan. Pemangku kepentingan yang berbeda harus diperlakukan berbeda. Merekomendasikan memiliki versi internal dan eksternal dari peta jalan anda. Ini memungkinkan untuk menjaga inisiatif rahasia product dari domain publik, dengan fokus pada nilai tambah nyata bagi pelanggan.

Sebaiknya tidak memasukkan rencana rilis detail product ke publik. Jika tidak yakin tentang perbedaan antara : dokumen strategis yang mengkomunikasikan visi produk, yang lain adalah dokumen taktis atau operasional yang menguraikan langkah-langkah rinci dan memerintahkan agar tim pengembang.

4. Mengubah percakapan dan tidak khawatir pada tanggal

Salah satu aspek yang paling membebaskan dari roadmap adalah membuang tanggal atau tidak terlalu khwatir dengan tanggal. Memiliki peta jalan tanpa tanggal memungkinkan mengubah percakapan. Daripada berfokus pada saat anda dapat fokus pada apa - memungkinkan untuk berbicara tentang visi yang sebenarnya dan arah sebenarnya yang diambil.

Setelah menghilangkan tanggal di peta jalan, anda akan dapat berhenti mengkhawatirkan kapan setiap fitur akan dikirimkan, dan sebagai gantinya bicarakan tentang urutan apa yang harus ditangani masing-masing untuk memberikan nilai paling banyak.

5. Menunjukkan keunggulan produk

Produk yang bagus adalah produk yang akan dibanggakan untuk digunakan sendiri. contohnya pada ProdPad memiliki situs peta jalan umum dan senang menggunakannya sebagai titik bicara dengan pelanggan untuk menunjukkan hal-hal hebat yang telah dikerjakan.

Pelanggan menginvestasikan waktu dan usaha ke dalam solusi anda. mereka lebih memilih bertahan dengan menunggu fitur yang ada pada product, mulai dari awal dengan orang baru. Bagikan panduan roadmap product sehingga mereka dapat tetap bersama selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun mendatang terhadap produk anda.

referensi :
https://community.uservoice.com/blog/sharing-product-roadmap-transparency-bastow/