Mengapa perlu dilakukan proteksi terhadap negara akibat perdagangan bebas?

Untuk negara-negara yang sedang berkembang perekonomiannya, sangat memerlukan pembatasan-pembatasan dan pengaturan-pengaturan untuk melindungi negara sendiri akibat dari persaingan bebas, umpamanya dengan perdagangan internasional yang bercorak positif. Mengapa perlu dilakukan proteksi terhadap negara akibat perdagangan bebas?

untuk melindungi negara sendiri akibat dari persaingan bebas, perlu dilakukan proteksi dalam menghadapi perdagangan bebas. Beberapa alasannya antara lain:

  1. Infant Industry Argument
    Yaitu melindungi industry-industry dalam negeri yang sedang tumbuh, terhadap saingan industry luar negeri yang sejenis, yang jauh lebih maju dan kuat.

  2. Pengurangan Pengangguran
    Dengan adanya proteksi, maka terbuka lapangan kerja produksi dalam negeri yang sejenis, yang jauh lebih kuat.

  3. Anti Dumping Adalah menjual barang dipasar domestik dan di pasar luar negeri, dimana harga pasar di luar negeri lebih rendah dari harga dipasar dalam negeri. Tujuannya adalah Untuk memperluas pasaran dan perolehan hasil penjualan maksimal.

  4. Perlindungan Terhadap Produk Dari Negara Yang Upahnya Rendah
    Bagi negara yang standar hidupnya tinggi, sering juga mengenakan tarif bea masuk dengan alasan untuk melindungi pekerja dalam negeri terhadap persaingan barang dari luar negeri, yang upah / biaya tenaga kerjanya lebih rendah.

  5. Kontingentering

referensi: http://suhirnoo.blogspot.co.id/2012/09/perdagangan-bebas-dan-proteksi.html