Mengapa Penggunaan media daring Line Messenger sangat Populer di Negara-negara Asia?

line

Line merupakan aplikasi instant messaging yang saat ini dikelola oleh Line Corporation, yang merupakan bagian dari perusahaan Naver. Saat ini Line dikabarkan memiliki pengguna aktif sebesar 217 juta pengguna (2017) dan terus berkembang.

Mengapa pemakaian Line Messenger sangat populer pada negara-negara Asia

Awalnya, Line dikembangkan sebagai alat komunikasi bencana yang digunakan setelah adanya Gempa Bumi Tohoku pada tahun 2011. Gempa pada saat itu merusak infrastruktur komunikasi Jepang secara nasional, sehingga karyawan dari NHN Japan yang mengembangkan dan menggunakan Line yang menggunakan internet sebagai cara berkomunikasi. Setelah dipakai secara pribadi, perusahaan merilis Line untuk penggunaan publik pada bulan Juni 2011.

Ternyata, aplikasi Line sangat populer digunakan. Dalam waktu rilis delapan belas bulan, total pengguna telah mencapai 100 juta pengguna. Enam bulan kemudia, 200 juta pengguna. Merespon dari kepopuleran tersebut, perusahaan Naver membuka perusahaan cabang bernama Line Corporation. Line Corporation akhirnya mengembangkan aplikasi Line dengan menambahkan fitur-fitur menarik yang dapat menarik pengguna dari berbagai kalangan dan lokasi.

Fitur-fitur ini adalah :

  1. Fitur Home dan Timeline.
    ss
    Fitur ini memudahkan pengguna untuk membagikan aktifitas pribadi mereka ke kalangan teman secara aktual, sama seperti timeline pada Facebook.

  2. Line Stickers
    sticker
    Produk penjualan mereka yang paling besar. dimana pengguna dapat mengirimkan karikatur lucu dan menarik kepada teman. Karikatur ini yang awalnya hanya berupa karakter asli buatan perusahaan Line sekarang merambah pada budaya yang sedang tren pada saat ini, seperti video game, anime, film, dll. Dinyatakan bahwa sticker Line merupakan salah satu sumber penghasilan penghasilan terbesar bagi perusahaan Line.

  3. Line Games
    game
    Platform Line dapat digunakan untuk bermain game kembangan atau hasil kerjasama dari Line. Game Line juga merupakan salah satu sumber penghasilan terbesar, dimana mereka mencakup 40% dari pemasukan Line (2015).

  4. Aplikasi-aplikasi Line (selain messaging).
    shop
    Saat ini perusahaan Line memiliki lebih dari 35 aplikasi berbeda dengan aplikasi pemersatu yang sama (Line messaging). Aplikasi ini terdiri dari Line Games yang sudah dijelaskan, Webtoon yang menyediakan platform membaca komik, Line Shopping yang menyediakan platform untuk berbelanja online, dll. Banyaknya jenis aplikasi ini juga merupakan salah satu marketing yang efektif, khususnya pada negara-negara Asia yang notabene sering membuat hal menjadi terkenal dengan penyebaran ajakan dan mulut-ke-mulutnya.