Mengapa Penggunaan Algoritma sangat penting dalam penyelesaian masalah dengan cara computational thinking?

Algoritma merupakan tahapan terakhir dalam penyelesaian masalah dengan computational thinking, Sangking pentingnya jika seseorang tak mampu menyusun algoritma dengan baik tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapinya, Lantas mengapa ?

Pengenalan

Pertama tama kita harus tahu terlebih dahulu apa itu algoritma. Menurut Thomas H. Cormen, Charles E. Leiserson, Ronald L. Rivest, Clifford Stein Algortima adalah Langkah Komputasi yang telah terdefinisi dengan baik yang mempunyai nilai di input, langkah , hingga outputnya. Mempunyai algoritma yang baik sangatlah penting dalam penyelesaian masalah computational thinking. Algoritma yang baik ialah algoritma yang menyelesaikan masalah secara efektif dan efesien. Lalu kenapa pembuatan algoritma sangatlah vital kedudukannya dalam komputasional thinking ?

Pentingnya Algoritma

Ketika kamu ingin berangkat ke sekolah kamu secara tidak langsung menyusun sebuah algoritma. Dalam software terdapat sebuah algoritma agar software tersebut bisa menyelesaikan sebuah permasalahan. Begitu juga dalam komputasional thinking,

Algoritma termasuk langkah komputasional thinking tahap terakhir setelah Dekomposisi , Pattern Recognition dan Abstraksi. Penyusunan Algoritma yang efektif dan efisien dapat mempercepat sebuah aplikasi tersebut bekerja. Hal tersebut tentu berdampak dalam penyelesaian masalah oleh aplikasi tersebut. Sebagai Contoh ketika kita akan berangkat kuliah, Akan lebih efektif bagi kita jika makan terlebih dahulu lalu mandi, karena kita tidak perlu ke kamar mandi dua kali. Sama halnya ketika kita melakukan penyelesaian computational thinking, ketika algoritma kita tak bertele tele dan runtun maka sebuah masalah akan lebih mudah untuk diselesaikan.

large (1)

Penyelesaian masalah dengan menggunakan metode algoritma masuk ke dalam Computational Thinking (CT). Computational Thinking adalah berpikir secara komputasi atau dapat diartikan sebagai penyelesaian masalah dengan melibatkan teknik yang digunakan oleh software dalam penulisan program. Berpikir komputasi tidak berarti berpikir seperti komputer, melainkan berpikir tentang komputasi di mana sesorang dituntut untuk memformulasikan masalah dalam bentuk masalah komputasi dan menyusun solusi komputasi yang baik (dalam bentuk algoritma) atau menjelaskan mengapa tidak ditemukan solusi yang sesuai. Computational Thinking memiliki 4 unsur yaitu, menyelesaikan masalah dengan cara dekomposis, dengan cara abstraksi, dengan cara pola, dan yang terakhir dengan cara menerapkan algoritma.

Algoritma merupakan salah satu metode yang penting dalam Computational Thinking. Hal itu dapat terjadi karena algoritma memiliki pengertian, urutan, langkah-langkah, tahapan-tahapan yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah secara berurutan. Hampir semua masalah dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma, dari masalah pemrograman komputer sampai masalah-masalah yang kita hadapi setiap harinya. Penyajian algoritma dapat dibedakan menjadi dua secara garis besar yaitu dengan pseudocode dan flowchart. Pseudocode adalah penyelesaian dengan menggunakan kode-kode perograman, sedangkan flowchart dengan cara gambar atau bagan.

Sebelum melakukan metode algoritma untuk menyelesaikan masalah, kita harus mengerti dan memahami apa masalah yang ingin kita pecahkan. Sedetail mungkin kita harus mengetahui masalah tersebut, agar memudahkan saat melakukan metode algoritma. Dengan menyelesaikan masalah menggunakan algoritma, sebesar apapun masalah yang dihadapi akan lebih mudah untuk diselesaikan. Karena dengan menggunakan metode ini, masalah akan dipecahkan secara terurut, tertahap dan lengkap satu-persatu tidak ada langkah yang tertinggal. Karena itulah algoritma sangat penting untuk menjadi bagian atau unsur yang ada pada Computational Thinking.

SUMBER:
http://www.bbc.co.uk/education/guides/zpp49j6/revision

Algoritma itu adalah alur atau langkah-langkah yang disusun secara tertulis, sistematis juga berurutan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Bisa juga algoritma tersusun secara tidak sengaja. Setiap jam bahkan setiap menit pun manusia bisa membuat satu algoritma tanpa disusun terlebih dahulu.

Kenapa algoritma sangat penting? Karena, jika kita memecahkan masalah dengan asal-asalan tanpa langkah-langkah (algoritma) yang tepat, maka sudah dipastikan masalah tersebut akan berantakan karena tidak tersusun dengan rapi. Misalnya kita ingin membuat kue, maka cara yang paling efektif dan efesien sesuai dengan pola dan abstraksi sebelumnya hingga tahap packing, diurutkan secara lengkap, terukur dan kreatif. Dan masih banyak permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat di pecahkan dengann algoritma. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah algoritma sangatlah penting, jika tidak ada algoritma mungkin masalah bisa diselesaikan tapi bisa juga cara menyelesaikannyalah yang akan rumit.

algoritma

SUMBER :