Mengapa pengguna ruangguru lebih memilih menggunakan aplikasi tersebut meskipun harus membayar daripada mencari referensi di internet?

Mengapa pengguna ruangguru lebih memilih menggunakan aplikasi tersebut meskipun harus membayar daripada mencari referensi di internet ?

Banyak pengguna yang lebih memilih aplikasi ruangguru dalam referensi untuk belajar. Terbukti dengan jumlah unduhan di play store. Hal ini tidak jauh dikarenakan produk yang ditawarkan oleh ruangguru yang menarik dan mudah diakses oleh para pengguna. Produk-produk dari ruangguru ini yang dirasa menjadi obat dari permasalahan belajar oleh siswa. Dari sulitnya memecahkan soal matematika, fisika, kimia dan lain-lain yang solusinya hanya tinggal mengakses aplikasi lewat smartphone yang pasti dimiliki oleh para pelajar zaman sekarang.

Produk-produk yang ditawarkan oleh ruangguru juga bermacam-macam, yang tentunya sangat memenuhi kebutuhan para siswa saat ini, yaitu : pertama ada ruangbelajar, dari produk ruangbelajar ini para pelajar dapat belajar dengan melihat ribuan video untuk latihan soal dan rangkuman untuk setiap mata pelajaran di jenjang SD, SMP dan SMA. Kedua ada digitalbootcamp yaitu belajar online dengan menggunakan group chat yang dutemani oleh tutor online, namun hanya diperuntukan untuk 20 orang saja. Ini juga tersedia untuk keas 6 SD sampai 12 SMA serta SBMPTN. Ketiga ada ruangles yaitu belajar dengan guru privat yang akan siap datang ke tempat pengguna, ruangguru juga menyediakan guru les privat bagi para penggunanya yang dapat dipesan melalui aplikasi ruangguru. Keempat ada ruanglesonline yaitu para pengguna dapat langsung bertanya ke tutor secara online, mengenai permasalahan dalam menjawab soal dan lainnya, ruanglesonline ini bentuknya adalah chat personal. Kelima ada ruanguji, yaitu produk yang disediakan ruangguru untuk pengguna dalam tes uji soal secara online, di sana pengguna bisa melihat pembahasan soal serta analisis dengan kemampuan pengguna itu sendiri. Keenam ada ruangkelas yaitu sebuah layanan Learning Management System yang dapat digunakan secara GRATIS untuk guru dan murid di Indonesia.

Walau produk tersebut berbayar, namun masih banyak pengguna setia yang menggunakan aplikasi ruangguru ini. Karna sudah jelas terbukti kualitas dan kejelasan materi serta penjelasan yang diberikan oleh tutornya dibandingkan, mencari referensi dari internet yang belum tentu benar. Hal ini menjadi nilai tambah bagi ruangguru sebagai apliaksi pendidikan yang bercitra baik, agar tetap dikenal dan berkembang di masyarakat.

Dari sini kita mengetahui bahwa produk yang bagus agar startup yang dikembangkan dapat diminati oleh masyarakat yaitu sesuai dengan kebutuhan mereka (target). Diangkat dari permasalahan – permasalahan yang sering ada namun dikemas dengan solusi yang mengikuti peradaban zaman, seperti ruangguru ini, produk yang ditawarkan merupakan solusi dari permasalahan yang dialami oleh pelajar di Indonesia yang dikemas dengan menggunakan aplikasi dimana masyarakat Indonesia sekarang sudah sangat dekat dengan hal-hal yang berbau praktis dan serba digital.

Sumber : https://ruangguru.com/

Situs Ruangguru.com selamanya akan FREE , murid-murid bisa mengakses ribuan bank soal secara gratis dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian semester, nasional bahkan masuk universitas. Dan ini bisa kita akses melalui tes.ruangguru.com. Ruangguru.com menyediakan analisis data sehingga dari record data murid yang belajar lewat situs ini nantinya murid bisa mengetahui kekuatan dirinya sehingga bisa lebih efisien dan fokus dalam menguasai pelajarannya.

Jenis pelajaran yang tersedia di Ruangguru sangat bervariasi dan tidak hanya mencakupi edukasi formal seperti mata pelajaran sekolah tapi juga materi tes terstandardisasi dan pelatihan profesional.

Hal pendukung pengguna untuk lebih memilih Ruangguru adalah dari segi pengajar, les bimbel menyediakan guru-guru yang kita sama sekali nggak tau latar belakangnya dan nggak bisa milih juga, sementara nggak semua guru akan cocok cara mengajarnya dengan kita. Les bimbel itu capek. Pertama, jadwal sudah ditentukan dan nggak bisa diganggu gugat. bayangkan saja setelah seharian belajar ditambah pendalaman materi, masih harus belajar lagi di tempat bimbel sampai malam. Sebagai orang yang gampang bosan, les bimbel adalah hal yang sangat mubazir karena metode pengajaran umumnya sama dengan di sekolah; yaitu penuturan. di Ruangguru, metode belajar jauh lebih menarik karena disediakan video belajar berbentuk animasi. Kalau butuh diulang, tinggal repeat videonya.

Telah adanya kabar, bahwasanya untuk ujian nasional akan berbasis komputer. dengan adanya berita seperti itu. Ruangguru.com ada peluang disini dimana selama belajar siswa menggunakan kertas sedangkan ujian nanti menggunakan komputer, karenanya Ruangguru ingin membiasakan sisawa belajar online sehingga disaat ujian nanti sudah terbiasa dengan soal-soal online. Iman dan Ruangguru.com mengajak pemerintah pusat dan daerah untuk pengembangan aplikasinya, dimana ternyata ujian guru-guru juga sudah menggunakan platform Ruangguru.com

Tidak hanya itu, hal lain juga bisa mempengaruhi pengguna mengapa memilih Ruangguru.com yaitu beberapa murid memiliki keterbatasan untuk melakukan bimbingan belajar diluar rumah (terbatas uang, waktu atau bahkan tempat) kemudian biasanya kalau ada soal yang susah anak-anak ingin cepat mendapatkan solusi, terkadang orang yang bisa membantu tak mudah dijangkaunya dan alasan lainnya susahnya mendapatkan guru yang baik dan bagus. Karena berbagai alasan tersebut dan untuk memudahkan urusan belajar online maka sekarang diplaystore sudah tersedia aplikasi RuangGuru. Selain itu, Ruangguru sudah dipercaya dikalangan masyarakat karena telah menerima berbagai penghargaan dari lembaga ternama, seperti Unicef, Bubu Awards, Google Developers Launchpad, dan masih banyak lagi.

Ruangguru bukan hanya hadir sebagai sebuah bisnis, tetapi juga kami bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia. Ruangguru percaya, dengan meningkatnya kualitas guru, maka mutu pendidikan di Indonesia juga akan menjadi lebih baik. Ruangguru juga percaya bahwa teknologi dapat membantu siswa, guru, dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk itu, kami bertekad untuk terus mengembangkan layanan-layanan lainnya serta berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mencapai tujuan ini.

Kenapa user lebih memilih menggunakan startup ruangguru untuk belajar disebabkan karena banyak hal termasuk karena fitur dan biayanya. User tidak perlu mencari guru les private atau lembagi di brosur, mesin pencari, atau berkendara untuk tahu info tentang guru yang sesuai dengan user. Dengan ruangguru user hanya perlu membuka aplikasi dan akan menemukan banyak guru yang terdaftar di sana. Bahkan ada juga rating guru yang kiranya mampu menambah kepercayaan user. Dengan era digital ini, user bisa belajar di mana saja tanpa perlu keluar rumah untuk pergi ke tempat les atau mengikuti les private yang waktunya terbatas. Dengan menggunakan ruangguru, siswa bisa belajar dimana dan kapan saja.

Selain itu, biaya yang diperlukan juga lebih murah. Untuk fitur ruangbelajar saja hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 175.000,- per bulan atau untuk satu tahun hanya perlu biaya Rp 675.000,- saja. Jika dibandingkan les private atau lembaga yang bisa mengeluarkan biaya jutaan, tentunya ruangguru jauh lebih murah. Biaya yang perlu dibayar bisa langsung kita transfer ke rekening ruangguru.

Atau jika siswa atau para orang tua ingin siswa tersebut belajar secara langsung, guru bisa langsung didatangkan ke rumah atau tempat yang dijanjikan. Selain itu akan ada banyak reward yang diberikan kepada siswa jika point mereka banyak. Banyak soal yang tersedia yang bisa dikerjakan oleh siswa dan tentunya akan ada penjelasan untuk setiap soal.

Selain itu juga ada jadwal tryout yang bisa dijawab setelah user belajar dengan menonton video, latihan soal, les private yang bisa langsung diakses hanya dengan menggunakan smartphone. Penggunaan digital juga memungkinkannya kehematan karena tidak perlu menggunakan kertas, pensil, dan penghapus. Cara belajar dengan ruangguru tetap terasa nyata meski hanya menggunakan smartphone saja.

Selain itu user juga bisa membagikan catatan pelajarnya dengan teman-teman lain tanpa perlu langsung bertatap muka dengan menggunakan fitur Catatan Sahabat Ruangguru.

Daripada mencari guru les dari referensi lain di internet, ruangguru akan lebih praktis. Karena untuk mencari di mesin pencari akan banyak rintangan seperti penipuan atau guru yang tida berkualitas. Di ruangguru kita bisa menemukan banyak guru bersertifikat yang sudah terjamin, karena untuk mendaftar sebagai guru di ruangguru sendiri tidak sembarangan. Harus ada beberapa file yang harus disubmit untuk persyaratan.

Sumber : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ruangguru.livestudents&hl=in

pengguna lebih memilih menggunakan jasa ruang guru untuk media belajar dibandingkan mencari referensi diinternet karena aplikasi ruang guru banyak menyediakan fitur yang dapat membantu pengguna dalam mencari materi dengan cepat, mudah dan akurat. Fitur fitur yang ditawarkan yakni antara lain :

  1. Aplikasi belajar untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Pada apliksi ini disediakan video seputar pelajaran, try out bahkan les private sekalipun. Guru yang disediakan juga merupakan orang yang berkompetensi dibidangnya, sehingga ilmu yang diberikan bisa mudah dipahami dibandingkna kita mencari sumber diinternet yang belum tentu membahas dengan bahasa yang tidak berbelit dan sumber tersebut dapat dipastikan kebenarannya.

  2. Tersedianya ribuan video belajar, latihan soal untuk menghadapi UTS, UAS bahkan SBMPTN yang sudah ada pembahasnnya. Namun walupun video video yang disediakan tidak dapat didownload setidaknya pengguna dapat mengetahui tips dan trik mengerjakan suatu tugas yang nantinya bisa dicatat langsung oleh pengguna dalam buku catatannya. Menurut saya hal ini juga mempunyai nilai positif karena pengguna dituntut secara tidak langsung untuk menulis dan menambah kemungkinan pengguna bisa mengingatnya dengan lebih mudah.

  3. Disediakannya layanan digitalbootchamp yang memudahkan pengguna melakukan chating dengan tutor apabila dirasa penjelasan divideo kurang bisa dipahami, hal ini juga yang menjadi tolak ukur mengapa pengguna lebih memilih berlangganan ruang guru dibandingkan mencari referensi di internet yang kita tidak tau kemana harus bertanya ketika ada materi yang disajikan tidak bisa dipahami.

  4. Tak lupa disediakan ruang les online dan rung les yang langsung tatap muka dengan tutor yang ahli dibidangnya untuk memberikan materi dan latihan soal secara langsung.

Aplikasi ruang guru ini sifatnya berbayar atau berlangganan yakni sebesar Rp. 175.000 untuk paket /1 bulannya dan Rp. 675.000 untuk paket /1 tahun ajaran baru. Dengan membayar sesuai paket yang dipilih tersebut pengguna bisa dengan bebas menikmati fasilitas yang ditawarkan, hal itulah yang tidak bisa didapat ketika kita mencari sumber diinternet.
Terimakasih ~~

Sember : https://ruangguru.com/

Seperti dilansir pada laman ruangguru.com, Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Dengan menggunakan learning management system,para murid dapat mengakses ratusan ribuan soal latihan dan ujian yang disusun berdasarkan kurikulum 2006 dan 2013. Selain itu ada lebih dari 100 bidang pelajaran yang ditawarkan oleh Ruangguru.com dan peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya. Dengan menggunakan fitur analitik yang ada, murid juga dapat memahami perkembangan belajar, kekuatan dan kelemahan, manajemen waktu hingga strategi belajar yang tepat.

Ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain. Sisi yang menarik dari Ruangguru.com adalah konsep animasi yang diberikan pada video belajar yang ditawarkan kepada para murid. Sehingga selain dapat belajar kapanpun dan dimanapun melalui website Ruangguru ataupun aplikasi Ruangguru, murid juga disuguhkan dengan visualisasi materi yang menarik dengan adanya konsep animasi tersebut. Murid akan merasa lebih fun, fresh dan nyaman untuk berlama-lama menonton video belajar.

Tidak hanya pada video belajar saja, para murid bisa mengerjakan latihan soal sambil bermain game Petualangan Nusantara. Di sana, berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran, dapat kamu taklukkan sambil menangkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan soal online ini sengaja kami hadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan.

Ruangguru.com juga menyambung akses para orang tua dalam memonitor perkembangan belajar anak, melalui aplikasi Ruangguru – Orang Tua yang diluncurkan pada September 2016 lalu. Adanya aplikasi mobile ini, orang tua dapat mengetahui jadwal privat anak mereka, melihat laporan belajar, hingga memberikan rating dan feedback kepada guru.

Sumber : https://blog.ruangguru.com/apa-itu-ruangguru-com