Mengapa pengguna Instagram lebih banyak daripada pengguna twitter?

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan.

Instagram menempati posisi kedua setelah facebook sebagai jejaring sosial yang populer. Instagram berhasil menyalip Twitter dengan persentase 69,21%, sedangkan Twitter digunakan oleh 41,31% responden.

  1. Instagram

Definisi Instagram
Kepopuleran Instagram sebagai sebuah media sosial semakin meningkat, banyak orang yang tak tahu arti sebenarnya dari pemakaian kata tersebut. Disusun dari dua kata, yaitu “Insta” dan “Gram”. Arti dari kata pertama diambil dari istilah “Instan” atau serba cepat/mudah. Namun dalam sejarah penggunaan kamera foto, istilah “Instan” merupakan sebutan lain dari kamera Polaroid. Yaitu jenis kamera yang bisa langsung mencetak foto beberapa saat setelah membidik objek. Sedangkan kata “Gram” diambil dari “Telegram” yang maknanya dikaitkan sebagai media pengirim informasi yang sangat cepat. Jadi, kegunaan instagram yaitu sebagai media untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.

Fitur Instagram
1. Pengikut/followers
pengguna instagram yang mengikuti kita, pada saat kita mengunggah foto/video di instagram, foto/video kita akan muncul di beranda mereka dan mereka bisa “like” dan mengomentarinya.

2. Diikuti/Following
Kebalikan dari pengikut/followers pengguna instagram yang kita ikuti, pada saat mereka mengunggah foto/video di instagram, foto/video mereka akan muncul di beranda kita, kita bisa “like” dan mengomentarinya.

3. Upload Foto
Kegunaan Instagram sama dengan aplikasi sosial media lainnya yaitu dapat mengupload foto/video, Kamu bisa foto/video yang memilih tersimpan kamu juga aplikasi di memori hp atau bisa memotretnya langsung dari Instagram.

4. Kamera
Bila kamu mengambil foto menggunakan aplikasi Instagram, foto tersebut dapat kamu simpan di memori hp kamu juga, tinggal klik icon pada hp kamu dimana foto itu tersimpan di h kamu atau klik bisa pilih folder Instagan foto/video untuk memotret dan merekam video dan langsung kamu upload ke instagram.

5 Efek Foto/Video
Sebelum fotonya kamu upload dan kamu bagikan ke pengikut atau followers kamu di nstagram kamu juga bisa mengedit foto/video nya dulu dengan banyak pilihan efek yang disediakan oleh Instagram.

6. Judul Foto Hashtag, Lokasi, dan Tandai Teman
Sebelum foto tersebut benar benar-benar terupload ke instagram,kamu bisa menulis keterangan(caption), memasukkan tagar atau hashtag, memasukkan lokasi dimana foto/video itu diambil, menandai temankamu dalam foto/video yang kamu upload tersebut.

7. Instagram Stories
Ini adalah fitur baru yang diluncurkan Instagram pada Selasa 2 Agustus 2016 lalu. Instagram Stories adalah ftur yang sangat mirip pada SnapChat. Kamu yang menggunakan snapchat pasti akan suka dengan fitur ini. Nah bila di smartphone kamu belum keluar fitur Instagram Stories, silahkan kamu perbarui aplikasi nstagram yang ada di Android dan iPhone kamu.

  1. Twitter

Definisi twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan pesan singkat dari Internet. Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Fitur Twitter
1. Direct message (DM)
Memungkinkan komunikasi dua arah antar pengguna Twitter dengan batasan 140 karakter. Pihak pengirim pesan hanya bisa mengirimkan Direct Message pada pihak yang sudah melakukan mem-follow dirinya. Selain itu, Dua pengguna Twitter yang saling follow dapat berkirim Direct Message.

2. Favorites
Tweet yang ditandai adalah tweet yang dianggap informatif, menarik atau menyentuh. Tweet yang di favoritkan akan masuk ke daftar favorites. sehingga dapat dibaca kembali di lain waktu.

3. Follow
Suatu tindakan untuk mengikuti timeline dari akun Twitter orang yang di follow. Orang yang saling kenal di dunia nyata biasanya melakukan saling follow di Twitter. Bila orang yang di follow tidak mengunci akun Twitternya, Anda bisa langsung follow dan mengikuti aktivitas timeline nya. Dan untuk follow yang dikunci, kita akan diarahkan untuk menunggu jawaban konfirmasi dari yang kita ikuti.

4. Follower
Kumpulan akun Twitter orang yang sama-sama mem-follow sebuah akun Twitter tertentu. Biasanya seorang follower memutuskan untuk mem-follow sebuah akun Twitter karena tertarik dengan karakteristik tweet yang akun tersebut sampaikan.

5. Following
Status yang menunjukkan bahwa Anda telah mem-follow akun Twitter tertentu. Dengan melakukan following, Anda dapat mengikuti aktivitas Tweet dari sang pemilik akun.

6. Unfollow
Tindakan untuk menyudahi kegiatan follow terhadap akun Twitter tertentu. Ketika Anda melakukan unfollow terhadap sebuah akun Twitter, maka tweet akun tersebut tak akan muncul di timeline Anda.

7. Tweet
Tulisan yang dapat Anda posting di timeline Twitter. Jumlahnya tidak melebihi 140 karakter dan biasanya dapat berisi informasi, obrolan, ungkapan hati atau kata-kata motivasi.Meskipun secara default tweet tersebut dibatasi hanya 140 karakter, sebenarnya para pengguna Twitter tetap bisa menulis tweet dengan panjang lebih dari itu atau bahkan tanpa batas. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Twitlonger, Socialscape, dan lain-lain.

8. Retweet (RT)
Tindakan mem-forward suatu tweet yang ada pada timeline sehingga para follower Anda juga dapat melihat tweet tersebut. Retweet merupakan salah satu attitude Twitter yang sopan karena tetap mencantumkan sumber asli yang pertama kali membuat tweet.

9. Timeline
Suatu daftar tweet dari list dari orang-orang yang sudah Anda follow berdasarkan satuan waktu yang berurutan. Timeline biasanya muncul berurutan berdasarkan kronologi pembuatan tweet. Tweet yang baru saja di posting akan muncul di urutan teratas timeline.

10. Hashtag
Lambang tanda pagar (#) agar pengguna Twitter lainnya dapat mencari kata kunci tertentu dengan mudah dan cepat. Kata kunci yang memakai hashtag terbanyak biasanya akan menjadi trending topic di suatu negara atau bahkan di dunia.

11. List
Fitur Twitter yang dapat digunakan untuk mengelompokkan sejumlah tweet yang berasal dari akun-akun Twitter yang Anda follow. List dapat dibuat untuk mengelompokkan para sahabat, perusahaan kompetitor serta kelompok akun lainnya.

12. Mention
Suatu tindakan untuk memberi tahu seorang pengguna Twiter dengan mencantumkan username nya pada tweet (@username) sehingga orang tersebut akan ikut membaca tweet yang Anda kirimkan. Orang yang di mention akan mendapatkan notifikasi Twitter.

13. Trending topic
Tema bahasan yang sedang menjadi tren di Twitter dan biasanya disertai dengan penggunaan hashtag. Trending topic biasanya berhubungan dengan suatu tema yang sedang hangat dibicarakan oleh para pengguna Twitter.

14. Over Heard (OH)
Tindakan memposting kembali isi Twitter orang lain yang dianggap menarik tanpa mencantumkan sumber aslinya.

15. Search
Fitur berupa kolom yang dapat digunakan untuk mencari sesuatu pada Twitter. Cara penggunaannya cukup dengan mengetikkan kata kunci pada kolom tersebut. Untuk mempermudah proses search, anda dapat menggunakan hashtag (#).

Jika membicarakan fitur dari Instagram dan Twitter tak jauh beda, bedanya hanya di tampilan saja. Instagram tampilannya lebih banyak ke visual atau gambar yang membuat penggunanya tertarik,betah dengan instagram dan tidak bosan dengan instagram. sedangkan twitter lebih banyak menulis tweet atau kicauan, ada juga gambarnya tapi mayoritas mereka menulis cerita di twitter tanpa gambar. Selain itu pengguna instagram saat ini lebih banyak daripada twitter. Jadi banyak orang yang beralih dari twitter ke instagram untuk menggunakan fitur-fitur terbaru instagram.

sumber :


Adapun alasan orang-orang memilih instagram daripada Twitter yaitu :

  1. Instagram bersifat Visual
    Tidak ada yang lebih baik dari pada sebuah gambar untuk menceritakan sebuah cerita. Berbeda dengan Twitter yang bisa bersifat visual tetapi tidak terlalu fokus dalam hal tersebut.

  2. Instagram adalah Media Sosial
    Tidak hanya Anda dapat menampilkan foto, tapi Instagram adalah platform media sosialnya sendiri yang dapat disukai dan juga bisa komentar. Anda bisa mengikuti orang lain dan mereka bisa mengikuti Anda, dengan menambahkan teman.

  3. Instagram itu Menyenangkan
    Mengambil foto, menambahkan filter, membuatnya terlihat luar biasa dan kemudian berbagi itu menyenangkan. Pada twitter tidak ada filter sehingga twitter sampai kini masih kalah dengan instagram.

  4. Bisnis
    Karena Instagram selalu memposting foto maka dengan hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis bagi sebagian orang sebab pembeli bisa melihat barang yang akan dibeli dan membandingkannya dengan toko sebelah. Berbeda dengan twitter yang juga bisa memposting foto dan tulisan, tapi twitter lebih banyak digunakan untuk memposting tulisan, jadi kurang efisien untuk berbisnis.

Sumber : https://sociallysorted.com.au/7-reasons-why-i-love-instagram/

Mengapa orang menyukai Instagram?

Di zaman modern ini, keberadaan media sosial sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari gaya hidup masyarakat dunia termasuk Indonesia. Salah satu media sosial yang sedang digandrungi saat ini adalah Instagram. Melalui Instagram, penggunanya bisa saling berbagi foto dan video kepada orang lain. Sekedar informasi, Instagram sendiri merupakan media sosial yang didirikan sejak tahun 2010. Sejak peluncurannya tersebut, media sosial tersebut sudah berhasil menarik pengguna aktif yang cukup menakjubkan. Setidaknya, pada tahun 2012, tercatat sebanyak 100 juta pengguna aktif telah bergabung dengan Instagram. Kepopuleran media sosial ini ternyata menarik perhatian pemilik Facebook untuk ikut mengambil peran di Instagram. Dan akhirnya, Facebook membeli saham Instagram sebesar USD 1 miliar yang jika dirupiahkan menjadi Rp 9,5 triliun.

Nama instagram sendiri berasal dari susunan kata “Insta” dan juga “Gram”. Insta diambil dari kata instan yang artinya adalah mudah dan cepat, sedangkan gram terinspirasi dari istilah Telegram yang mana memiliki arti sebagai sebuah media yang mampu mengirim informasi dengan sangat cepat. Jika didalami, Instagram memiliki pengertian sebagai media mengirim foto yang cepat dan juga mudah. Banyak yang mengatakan bahwa fungsi Instagram sebagai media sosial yang berguna untuk mengirim foto bukanlah hal yang istimewa. Sebab, media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya juga bisa melakukan hal yang sama. Lalu apa yang membuat Instagram sangat populer sehingga banyak orang yang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk memiliki akun instagram?

1. Informasi yang Up to Date
Banyak yang mengaku bahwa mereka mendapat berbagai informasi berita terkini dari media sosial Instagram. Selain bisa digunakan untuk bersenang-senang, pengguna aktif Instagram juga sering membagikan berbagai informasi terbaru. Hal ini pada dasarnya memang dilakukan agar mendapatkan respon yang baik untuk setiap gambar yang diposkan baik dalam bentuk like atau komentar. Foto-foto yang terdapat pada Instagram adalah sumber berita terbaru yang disortir berdasarkan jelajah kiriman antar pemilik akun, sehingga berita tersebut akan saling berkaitan meskipun kita tidak berteman dengan si pemilik akun yang mengepos berita tersebut. Misalnya saja pertengkaran para artis yang bisa dengan langsung kita ketahui di Instagram, masalah terkait pengembalian hak Indonesia terhadap Freeport, dan berita-berita terbaru lainnya.

2. Informasi tentang Hobi dan Kesukaan
Ketika kita sedang menikmati kuliner lezat yang baru pertama kali dirasakan, tentu akan terasa sangat kurang jika tidak mendokumentasikannya dalam bentuk foto serta membaginya pada di Instagram. Apalagi jika makanan yang tersebut cukup mahal dan sedang booming. Maka membagikannya pada akun Instagram menjadi sebuah keharusan. Dengan banyaknya pengguna yang melakukan hal tersebut, kita juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai kuliner-kuliner lezat yang patut dicoba.

Selain makanan, informasi tentang lokasi-lokasi menarik yang wajib dikunjungi saat liburan juga akan semakin banyak. Pasalnya, pengguna Instagram juga aktif membagikan kegiatan liburan mereka dengan mengambil gambar tempat-tempat yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah. Di samping makanan dan tempat kesukaan, Anda yang tidak terlalu menyukai selfie juga bisa memamerkan kelucuan hewan peliharaan di rumah kepada pengguna lainnya. Bahkan, karena sangat menyukai hewan peliharaannya, ada pengguna yang membuatkan akun khusus pet, yang mana di dalamnya hanya ada gambar-gambar lucu dari si binatang peliharaan.

3. Lebih Dekat dengan Idola
Saat ini, sudah banyak selebritis dan publik figur lainnya yang menggunakan Instagram sebagai salah satu wadah untuk berinteraksi dengan penggemarnya. Tak hanya artis dalam negeri, tapi sudah banyak juga artis-artis luar negeri yang juga menggunakan Instagram ini untuk menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan kepada penggemarnya. Selain itu, kita juga bisa memberikan like serta komentar sesuai dengan keinginan asalkan tidak mengandung SARA ataupun kata-kata yang menyakitkan seperti melecehkan dan lain sebagainya. Pasalnya, di Indonesia sendiri sudah ada undang-undang tentang IT yang mencakup tentang bullying di media sosial.

4. Fitur yang Menarik
Dengan menggunakan media sosial Instagram, kita bisa melakukan editing foto pada gambar yang akan diposkan. Pasalnya, terdapat berbagai fitur filter pada Instagram yang mampu mengoptimalisasi gambar untuk hashtag sehingga bisa dikelompokkan berdasarkan tema yang digunakan. Adanya fitur tersebut membuat media sosial ini sangat disukai oleh para praktisi dan juga penikmat fotografi.

5. Strategi Marketing
Tak jarang pengguna Instagram yang sukses berjualan secara online. Hanya dengan modal gambar produk yang menarik disertai dengan harga yang terjangkau serta jumlah following dan followers yang banyak, maka berjualan di Instagram merupakan strategi marketing paling tepat. Bayangkan, pengguna aktif Instagram yang tercatat sudah mencapai 300 juta lebih tentu bisa menjadi target pasar yang efektif. Dengan adanya pengguna sebanyak itu, maka semakin besar pula potensi konsumen yang akan didapatkan, bukan? Apalagi, hampir sebagian besar pengguna media sosial sangat menyukai berbelanja secara online. Dan kebanyakan, mereka yang memiliki Instagram merupakan masyarakat kalangan menengah ke atas karena seringnya mereka mengupload makanan mahal, lokasi liburan seru, tempat hangout keren dan lain sebagainya. Dengan kata lain, mereka berpotensi menjadi konsumen yang akan membeli produk-produk Anda.

Sumber : https://www.jennstrends.com/10-reasons-why-you-should-be-on-instagram/