Mengapa penduduk jepang merupakan negara dengan angka kematian terendah akibat penyakit jantung?

Berdasarkan data dari nationmaster.com dibawah ini,

jepang merupakan negara dengan kasus kematian akibat penyakit jantung terendah di dunia.

Apa yang menyebabkan penduduk jepang jarang terkena penyakit jantung ? sehingga kita bisa belajar dari jepang

  • Cek kesehatan sejak dini
    Negeri Jepang memang terkenal dengan SDMnya yang tinggi, mereka memiliki kesadaran tinggi terhadap kesehatan tubuh mereka. Sehingga apabila ada gejala-gejala penyakit, mereka akan langsung memeriksakannya agar tidak semakin merembet ke masalah yang lebih besar.

  • Rajin mengonsumsi sayur
    Jepang juga sangat mantap dalam konteks pengonsumsian sayuran. Hampir setiap makanan Jepang terdapat sayuran, dan jarang terdapat makanan manis. Itulah yang mencegah tubuh kita agar terhindar dari penyakit jantung.

  • Rajin mengonsumsi teh hijau
    Salah satu budaya Jepang yang kerap kita lihat adalah minum teh, terutama teh hijau. Teh hijau termasuk asupan nutrisi yang amat baik bagi tubuh, sebab teh hijau dikenal memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh bisa segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.

  • Suka berjalan kaki
    Meskipun masyarakat Jepang terkenal dengan produksi kendaraan yang sudah sangat maju, namun masyarakat Jepang lebih suka bepergian dengan jalan kaki. Itulah yang menyebabkan jantung menjadi lebih sehat, sehingga orang Jepang kebanyakan berumur panjang dan jarang terkena penyakit jantung.

sumber :

1 Like