Mengapa pendiri Wikipedia, Jimmy Wales adalah orang yang terbilang sukses dalam bidang teknologi?

Internet kini menjadi andalan setiap orang untuk mencari informasi. Saat seseorang melakukan penelusuran, amat sering situs Wikipedia muncul dijajaran pertama. Wikipedia merupakan situs yang memuat artikel ensiklopedia serta menjadi referensi online yang bisa diakses oleh siapapun. Orang dibalik Wikipedia adalah Jimmy Wales dan Larry Sanger. Kali ini kita akan berdiskusi tentang salah satu diantaranya, yaitu Jimmy Wales. Lantas menurut kalian apa saja faktor yang membuat Jimmy Wales sukses dalam bidang teknologi ini?

2 Likes

Jimmy Wales memberikan gagasan konten yang unik serta mendalam pada Wikipedia, dimana wikipedia merupakan studi kasus yang hebat untuk konten buatan pengguna yang memiliki volume konten yang besar dengan tingkat kedetailan yang tinggi. Wikipedia juga merupakan laman web yang di targetkan untuk istilah kata kunci. Pada setiap halaman akan ditulis secara terpisah disisi lain kata kunci. Dalam pencarian salah satu kata kunci, Wikipedia mampu menjelaskan dengan rinci kata kunci tersebut serta dapat memberikan indeks pada google kedalam beberapa bahasa.

Selain itu, Wikipedia memiliki struktur hubungan internal yang hebat, dimana Wikipedia melakukan pekerjaan yang besar terhadap hubungan kontekstual secara internal yang memungkinkan dalam penyebaran alamat domain ke seluruh situs yang ada. Kemudian, Wikipedia juga memiliki otoritas domain yang sangat kuat sehingga ketika dilakukan pencarian sulit yang dapat menandingi otoritas domain ini. Tidak hanya itu, Wikipedia merupakan pemimpin pasar pada dunia ensiklopedia online, sehingga dapat menghasilkan tautan serta kutipan dari sumber yang memiliki kualitas yang tinggi.

Dengan otoritas yang tinggi inilah maka Jimmy Wales selaku pendiri Wikipedia dianggap sukses karena memiliki gagasan konten yang unik dan mendalam serta menjadi situs yang hampir selalu muncul dalam pencarian di google berkat kontennya.

Sumber : https://econsultancy.com/blog/9009-why-wikipedia-is-top-on-google-the-seo-truth-no-one-wants-to-hear

Founder Wikipedia, Jimmy Wales mengatakan tidak menyesal tidak menghasilkan uang dari ensiklopedia online yang dimilikinya walau dideskripsikan sebagai salah satu keputusan buruk yang pernah ada. Dia percaya bahwa memperkaya pengetahuan lebih penting dibandingkan memperkaya diri. Termasuk dalam jajaran internet entrepreneur, Jimmy Wales barangkali menjadi satu-satunya yang tidak menghasilkan terlalu banyak uang. Padahal wikipedia merupakan 5 besar website paling populer di dunia. Dibawahi oleh Wikipedia Foundation, seluruh pendapatan Wikipedia disumbangkan. Jimmy Wales mengatakan jika mereka lebih berfokus pada profit, maka hal-hal seperti bahasa contohnya tidak akan dipedulikan. Lebih berfokus pada bagaimana cara mendapatkan jutaan user di US daripada tertarik pada jutaan pembaca di India.

Sumber: https://www.theguardian.com/technology/2014/feb/07/jimmy-wales-wikipedia-interview

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales dapat dikatakan orang yang sukses dalam bidang teknologi, karena ide yang dia ciptakan serta fitur yang ada pada Wikipedia, saat Wikipedia muncul, Wikipedia dengan sukses menghancurkan ensiklopedia tradisional. Wikipedia adalah referensi umum terbesar dan paling populer di Internet dan berada di peringkat kelima paling populer. Proyek ini dimiliki oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang “beroperasi dari semua uang yang dia terima dari dana tahunannya”.

Tapi semua referensi yang ada di Wikipedia telah dimasukkan secara sukarela. Itulah sifat kolaborasi Wikipedia, seseorang, di suatu tempat, memiliki minat atau keahlian dalam suatu bidang, dan mereka bersedia meluangkan waktu untuk meletakkan apa yang mereka ketahui secara online.

Menurut data resmi terbaru, ada beberapa situs Wikipedia dalam 300 bahasa yang berbeda, dengan sekitar 46 juta artikel diakses oleh 1,4 miliar perangkat unik setiap bulannya, sementara 200.000 editor dan kontributor berpatroli untuk penyimpanan pengetahuan online 24 jam sehari ini.

Tetapi, semua orang yang memiliki akses internet dan kemampuan membuat website, bisa melakukannya. Lalu apa yang membedakan dengan Wikipedia? Perbedaannya adalah Wikipedia muncul dengan angka kurung persegi kecil di atas entri, dan catatan sesekali yang dapat dilihat di sebuah artikel, seperti rujukan.

Angka-angka itu adalah tautan ke kutipan, atau sumber utama yang mendukung informasi, dan semakin banyak entri Wikipedia, semakin baik. Di bagian atas setiap entri Wikipedia terdapat serangkaian tab. Salah satunya ditandai Edit, dan tab tersebut membawa sifat yang kolaboratif. Ketika seseorang melihat sesuatu yang dia tidak sukai di halaman, orang tersebut bisa mengklik tab, dengan cepat dan mudah mengubah keseluruhan isi halaman. Tapi sebaiknya bila anda hendak melakukannya, pastikan dulu kebenaran dari informasi Anda, dan minta sumber untuk mencadangkan informasi Anda, atau informasi tersebut tidak akan bertahan lama.

Wikipedia bukan organisasi seperti media kebanyakan yang mempunyai staf editorial. Wikipedia lebih seperti jaringan sosial daripada penyokong informasi. Data berasal dari seseorang, atau saya sendiri, dan entri tersebut diawasi oleh pengguna lain seperti Anda dan saya. Dan itulah mengapa gagasan Wikipedia sebagai Wild West Internet salah, ini lebih seperti masyarakat yang mengatur dirinya sendiri.

Sumber:

Jimmy Wales, pendiri Wikipedia, tidak hanya membangun Wikipedia tetapi juga beberapa proyek lainnya.

Proyek-proyek tersebut antara lain:

  1. Wiktionary
    Wiktionary adalah proyek untuk membuat kamus konten gratis multibahasa dalam setiap bahasa. Wiktionary sebenarnya bertujuan jauh lebih luas daripada kamus, termasuk thesauri, rima, terjemahan, pengucapan audio, etimologi, dan kutipan.
    wiktionary

  2. Wikiquote
    Wikiquote adalah gudang kutipan yang diambil dari orang terkenal, buku, pidato, film, atau materi yang menarik secara intelektual. Pribahasa, mnemonik, atau slogan juga termasuk dalam Wikiquote.
    wikiquote

  3. Wikibooks
    Wikibooks bertujuan untuk membangun koleksi sumber daya e-book gratis, termasuk buku teks, kursus bahasa, manual, dan buku-buku domain publik beranotasi.
    wikibooks

  4. Wikisource
    Wikisource adalah proyek multibahasa, dimulai pada November 2003, untuk mengarsipkan koleksi teks konten gratis dan terbuka. Ini bukan hanya format superior untuk menyimpan klasik, hukum, dan karya gratis lainnya sebagai hypertext, tetapi juga berfungsi sebagai dasar untuk menerjemahkan teks-teks ini.
    wikisource

  5. Wikispecies
    Wikispecies adalah proyek berbasis wiki yang terbuka untuk menyediakan pusat, database spesies yang lebih luas untuk taksonomi. Ini mencakup hidup dan perwakilan fosil Animalia, Plantae, Jamur, Bakteri, Archaea, Protista dan semua bentuk kehidupan lainnya.
    wikispecies

  6. Wikinews
    Proyek Wikinews diluncurkan pada bulan Desember 2004 dengan misi untuk melaporkan berita tentang berbagai macam subyek. Kontributor dari seluruh dunia menulis artikel berita secara kolaboratif. Laporan berkisar dari laporan asli dan wawancara hingga ringkasan berita dari sumber eksternal. Semua laporan harus ditulis dari sudut pandang netral.
    wikinews

  7. Wikiversity
    Wikiversity adalah proyek yang didedikasikan untuk materi pembelajaran dan komunitas belajar, serta penelitian.
    wikiversity

  8. Wikivoyage
    Wikivoyage bertujuan untuk menciptakan panduan perjalanan dunia terbesar, lengkap, dan lengkap di seluruh dunia.
    wikivoyage

  9. Wikimedia Commons
    Wikimedia Commons diluncurkan pada September 2004 untuk menyediakan repositori sentral untuk foto-foto, diagram, peta, video, animasi, musik, suara, teks lisan, dan media gratis lainnya secara gratis. Ini adalah proyek multibahasa dengan kontributor yang berbicara dengan puluhan bahasa, yang berfungsi sebagai gudang sentral untuk semua proyek Wikimedia.
    wikimedia commons

  10. Wikidata
    Wikidata diluncurkan pada Oktober 2012 dan bertujuan untuk menciptakan basis pengetahuan gratis tentang dunia yang dapat dibaca dan diedit oleh manusia dan mesin. Ini menyediakan data dalam semua bahasa proyek Wikimedia, dan memungkinkan akses pusat ke data dalam nada yang serupa seperti yang dilakukan Wikimedia Commons untuk file multimedia.
    wikidata

  11. MediaWiki
    Komunitas open source MediaWiki memelihara beberapa proyek perangkat lunak. Mesin MediaWiki digunakan oleh semua proyek Wikimedia dan banyak situs lainnya.
    media wiki

  12. Meta-Wiki
    Meta-Wiki adalah proyek yang digunakan sebagai pusat untuk berbagai koordinasi dan tugas-tugas organisasi, seperti diskusi yang mempengaruhi banyak wiki atau merencanakan acara mendatang.
    meta wiki

  13. Wikimedia Incubator
    Wikimedia Incubator adalah wiki yang digunakan untuk mengembangkan wiki baru. Dengan kata lain, di sinilah edisi baru proyek konten Wikimedia (Wikipedia, Wiktionary, dll.) dibuat sebelum diluncurkan ke subdomain seperti en.wikipedia.org atau fr.wikipedia.org. Setiap wiki yang dibuat di sana disebut “test wiki”, dan diidentifikasi oleh kode untuk keluarga proyek (seperti “Wp” untuk Wikipedia) dan kode ISO 639-nya.

incubator

  1. Wikimedia Cloud Services
    Wikimedia Cloud Services (WMCS) adalah ekosistem komputasi fleksibel yang dibangun di OpenStack, GridEngine, dan Kubernetes. Proyek ini memberdayakan kontribusi teknis ke dunia perangkat lunak Wikimedia. Produk dan sumber daya dari proyek WMCS tersedia untuk digunakan oleh siapa pun yang terhubung dengan gerakan Wikimedia.
    wikimedia cloud

Referensi: