Mengapa penangkapan Ikan secara berlebihan dapat terjadi ?

Penangkapan berlebih

Penangkapan berlebih adalah penggunaan lautan yang tidak berkelanjutan karena menangkap lebih banyak ikan daripada sistem yang dapat mendukung menyebabkan keseluruhan kemunduran sistem. Apakah penyebab penangkapan berlebih?

Mengapa penangkapan Ikan secara berlebihan dapat terjadi ?

Penyebab penangkapan berlebih dapat ditempatkan dalam tiga kategori berikut:

  1. Kelebihan kapasitas
    Di seluruh dunia, banyak industri perikanan memiliki kapal besar, peralatan dan teknologi yang bisa mereka gunakan jauh ke dalam lautan. Mereka bisa bertahan di lautan selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan dan bahkan mengolah ikan sebelum mereka kembali ke darat. Para ahli percaya bahwa semua peralatan dunia gabungan sudah cukup untuk memancing di 4 planet mirip bumi.

  2. Perikanan yang tidak berkelanjutan:
    Ini melibatkan penggunaan jaring, metode memancing dan peralatan lainnya yang terlalu banyak menangkap ikan hingga mencapai tingkat yang hampir punah. Ini juga melibatkan penangkapan hewan laut lainnya selain ikan dalam prosesnya. Ini disebut “By-catch”. Dalam banyak kasus by-catch dihancurkan dan dibuang kembali ke laut. Termasuk cetacea, kura-kura, hiu, burung laut, ikan muda, karang dan invertebrata seperti bintang laut, kepiting, bulu babi, bintang rapuh, moluska, spons dan cacing. Mereka juga menangkap ikan yang sangat sedikit dan mencegahnya tumbuh untuk bereproduksi.

  3. Kebutuhan Ekonomi dan Makanan:
    Jumlah ikan yang dibawa industri perikanan ke darat bergantung pada pasar dan kebutuhan konsumen. Pada abad yang lalu, manusia telah berlipat ganda dalam banyak lipatan dan kebutuhan akan makanan dan ikan juga berlipat ganda. Ini, bersamaan dengan ambisi ekonomi perikanan telah memaksa mereka untuk menangkap lebih banyak ikan yang bisa diganti oleh lautan.

Sumber:
http://www.eschooltoday.com/overfishing/causes-of-overfishing.html