Mengapa penambalan gigi berlubang harus dibor?

gigi berlubang

Penambalan gigi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menutup lubang atau karies pada gigi, guna mencegah terjadinya keadaan yang lebih parah seperti lubang bertambah besar, dalam, lebar serta gigi menjadi rapuh.

Kekuatan dan ketahanan atau lamanya tambalan gigi bersifat multifaktorial, yaitu meliputi jenis bahan tambal, letak, bentuk, besar dan kedalaman lubang gigi serta keterampilan operator.

Pengambilan jaringan gigi dengan cara di bor pada saat penambalan adalah bertujuan untuk membuang jaringan karies yang sudah tidak dapat dipertahankan atau untuk membuat retensi/pegangan untuk jenis bahan tambal tertentu maka tentu saja lubang akan bertambah lebar. Gigi yang telah dtambal sesuai prosedur maka dapat digunakan kembali tanpa timbulnya keluhan, dalam hal yang Anda rasakan dimana gigi terasa tidak nyaman ketika menggigit sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter gigi.

Bahan tambal resin komposit merupakan bahan tambal yang sangat baik dari segi estetis, dan seiring dengan perkembangan teknologi bahan-bahan yg beredar di pasaran sudah memiliki kekuatan yg baik sehingga mampu menahan tekanan kunyah, meski tambalan amalgam masih unggul dlm hal kekuatan & ketahanan jangka panjang. Namun keberhasilan dan ketahanan tambalan dari bahan ini sangat bergantung pada beberapa faktor, terutama keterampilan operator sehingga tidak dapat diestimasi waktu dari ketahanan tambalan pada gigi. Jenis bahan tambal yang digunakan untuk gigi geraham dapat berupa glassionomer, alamgam atau resin komposit, dan dalam pemilihannya disesuaikan dengan keadaan karies atau lubang pada gigi Anda.

www.klikdokter.com