Mengapa pemimpin yang baik seharusnya membantu orang lain untuk sukses ?

kepemimpinan

(Sabda Norman Hayat) #1

Membantu Orang Lain Sukses

Seorang pemimpin dapat dikatakan sukses jika ia berhasil melahirkan pemimpin.

Help other succeed atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Membantu Orang Lain Sukses merupakan sebuah keterampilan yang memerlukan sebuah proses yang fleksibel dengan menggabungkan umpan balik yang ekslusif, analisis, perencanaan dan alat komunikasi. Membantu Orang Lain Sukses adalah sebuah skill yang harus dimiliki oleh pemimpin di semua tingkatan untuk secara aktif melibatkan karyawan dalam individual kinerja tinggi, keterlibatan dan pembinaan karir.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses tidak ada cara yang lebih baik daripada membantu orang lain untuk sukses juga. Ini merupakan pandangan yang menarik dan memang agak berbeda dengan paradigma murni. Banyak orang yang berpikir bahwasanya untuk meraih kesuksesan, kita harus mengambil sesuatu dari orang lain. Padahal tidak demikian

“Tujuan hidup seseorang adalah untuk melayani, dan menunjukkan belas kasihan dan keinginan untuk menolong orang lain." -Albert Schweitzer-

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan agar proses Help other succeed dapat berjalan dengan baik.

  • Pertama adalah niat dari dalam diri untuk membantu orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka, dalam hal ini kita harus bersungguh-sungguh mempunyai keinginan untuk membantu.

  • Kedua adalah keikhlasan yaitu memberi maupun menolong orang lain tanpa mengharapkan balasan ataupun imbalan apapun. Orang yang ikhlas adalah orang yang memiliki ketulusan hati dan pikiran dalam berbuat kebaikan.

Mereka tanpa pamrih dari orang lain. Dengan kita membantu orang lain untuk mencapai kesukesan dengan ikhlas maka orang yang kita bantu pun akan senantiasa membantu kita tanpa kita meminta bantuan darinya. Sebagai contoh Jika Anda adalah seorang karyawan pada level manajerial, yang membawahi beberapa staf, maka sudah sangat jelas bahwa kesuksesan Anda bergantung pada kesuksesan staf-staf Anda.

Jadi dengan membantu mereka meraih kesuksesan maka secara langsung akan berujung pada kesuksesan Anda. Terlebih lagi jika Anda adalah pemilik perusahaan, maka keberhasilan Anda bergantung pada keberhasilan seluruh karyawan dari berbagai bagian. Sekali lagi, bantulah mereka meraih kesuksesan maka kesuksesan Anda akan mengikutinya.

“Kita semua terlahir dengan satu tujuan, tetapi kita semua tidak menemukan apa tujuan itu. Kesuksesan dalam hidup tidak berlaku dengan apa yang Anda dapatkan dalam hidup itu atau yang Anda hasilkan bagi diri Anda sendiri. Kesuksesan adalah apa yang Anda lakukan untuk orang lain." -Danny Thomas-

Keterampilan ini sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap pemimpin dikarenakan keterampilan ini merupakan cara yang paling efektif untuk meraih sukses dalam hidup yaitu dengan membantu orang lain untuk meraih sukses mereka. Dan hampir setiap orang bisa membantu mereka yang kurang beruntung. Manusia yang meraih kesuksesan sejati adalah manusia yang bisa memberikan diri sendiri, waktu, dan tenaganya, untuk memberi keuntungan kepada orang lain.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi : http://blessingwhite.com/core-programs/leadership-solutions/helping-others-succeed/