Mengapa pembuatan algoritma sangat penting dalam pembuatan program komputer?

Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan dan sistematis.

Mengapa pembuatan algoritma sangat penting dalam pembuatan program komputer?

Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu tertentu. Setiap aksi harus dapat dikerjakan dan mempunyai efek tertentu.

Langkah-langkah di dalam algoritma haruslah logis, ini berarti hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan, benar atau salahnya. Pengaruh sebenarnya algoritma pada pemograman yaitu pada letak langkah-langkah sebelum membuat program itu sebelumnya diracik dahulu menjadi sebuah algoritma kemudian programmer mentranslasikan algoritma menjadi sebuah program yang dapat diaplikasikan.

Jika hanya algoritma saja yang telah dibuat, hal tersebut seperti bahan mentah dari sebuah program, karena algoritma hanyalah sebuah rancangan belum menjadi program.

Pentingnya algoritma disini adalah agar pengerjaan suatu program dapat dilakukan dengan runtut dan rapi. Bisa saja kita membuat program terlebih dahulu tapi hal tersebut dapat dipastikan, dalam pengerjaannya, akan tersendat-sendat.

Hal itu dikarenakan dalam proses pembuatan program, seorang programmer akan membayangkan / menghayal bagaimana aplikasi yang dibuat nantinya, yang kemudian diperparah dengan terjadimya bugs maupun error karena belum memprediksi kesalahan dan lain-lainnya sebelumnya .

Maka dari itu pembuatan algoritma harus disertai logika yang selaras karena logika dan algoritma merupakan ilmu atau seni untuk mengurutkan suatu pekerjaan seurut-urutnya. Pembuat algoritma juga harus dapat mengimajinasikan aplikasi yang akan dibuat nantinya dan membuat langkah-langkah tersebut dapat dipahami oleh pembuat program(programmer).

Sebelum membuat algoritma, dijadikan dulu sebuah pemodelan atau rancangan membuat algoritma jadi pemograman disitu menjadi bagian dari rancangan-rancangan yang sudah diperhitungkan dan diracik sesempurna mungkin, karena itu semua satu kesatuan dari algoritma dan pemograman saling berkaitan

Referensi :
https://www.topcoder.com/community/data-science/data-science-tutorials/the-importance-of-algorithms/
https://www.quora.com/Why-do-algorithms-have-so-much-importance-in-programming

Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah. Jadi yang dimaksud dengan algoritma dalam pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Algoritma dalam pemrograman dapat diibaratkan sebagai resep saat kita memasak suatu makanan sehingga hasil masakan tersebut juga sesuai dengan keinginan, jadi algoritma ini menggambarkan langkah-langkah yang dibutuhkan komputer untuk memecahkan suatu masalah atau mencapai suatu tujuan. Kita semua pernah melihat resep makanan - mereka mencantumkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah bagaimana membuat suatu makanan yang telah dijelaskan secara rinci. Nah, algoritma juga seperti itu.

Dalam bahasa komputer, kata resep ini diganti menjadi sebuah prosedur, dan ramuan atau bahan-bahan yang dibutuhkan disebut dengan input. Algoritma pemrograman menjelaskan bagaimana cara melakukan sesuatu, dan komputer tersebut akan melakukannya sesuai dengan prosedur yang telah Anda buat.

Jadi pembuatan Algoritama ini akan sangat memudahkan kita dalam membuat program untuk suatu pemecahan masalah, karena kita telah memliki pandangan mengenai program tersebut dan juga hal apa saja yang kita butuhkan untuk membuat program tersebut.

Algoritma dapat ditulis dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia yang sederhana (atau apa pun yang diprogram oleh programmer). Bentuk algoritma dua yaitu algoritma dalam bentuk pseudocode dan yang kedua dalam bentuk flowchart. Baik pseudocode maupun flowchart keduanya memilikinya semua.

Tapi untuk hal kenyamanan saat dilihat/dibaca, tentu saja flowchart lebih mudah untuk dilihat dan dibaca. Karena dalam sekali lihat kita dapat tahu proses-prosesnya. Algoritma ini dapat mengarah pada solusi dan mencoba menjadi solusi paling efisien yang dapat kita lakukan sebelum membuat suatu program.

Sumber :


A post was merged into an existing topic: Apa yang dimaksud dengan algoritma?