Mengapa Passion adalah salah satu yang dibutuhkan seorang pemimpin ?

kepemimpinan

(Dhuha Rizky Ramadhan) #1

pemimpin dan passion

Apa yang dimaksud dengan passion ? Passion atau Semangat adalah sebuah gairah untuk mencapai sesuatu, biasanya ditandai dengan meningkatnya kinerja kita dalam mencapai sebuah tujuan. Banyak orang mengartikan passion dengan arti yang berbeda-beda, karena memang itu adalah hak setiap orang untuk mendefinisikan arti passion sesuai dengan pemahaman masing-masing. Dan menurut saya semuanya benar, tidak ada yang salah, mungkin hanya kurang tepat saja.

Seperti halnya ada yang mengartikan bahwa passion adalah hobby yang menghasilkan, atau passion adalah gabungan antara kenikmatan, makna, dan perasaan. Ada juga yang kekeh dengan pengertian passion, bahwa passion adalah aktivitas yang paling kita cintai. Dan menurut saya semuanya benar, tidak ada yang salah.

Hal-hal apa yang dipersiapkan dan dilakukan untuk memiliki passion yang tinggi?

Hal pertama yang dipersiapkan dan paling mendasar untuk membentuk passion kita adalah belajar mencintai sesuatu, dalam artian jika kita mencintai suatu pekerjaan maka otomatis kita akan tanpa pamrih untuk melakukannya, misalkan para gamers yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memainkan game kesukaannya hingga lalai dalam mengurus diri seperti mandi, makan, atau kegiatan harian yang lain.

Hal ini mereka lakukan seolah tanpa beban dan inilah awal mula terbentuknya suatu passion.

Steve Jobs Mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk menghasilkan karya hebat adalah dengan mencintai apa yang anda kerjakan. Jadi menurut beliau adalah anda harus belajar mencintai pekerjaan, apapun pekerjaan itu, dengan mencintai pekerjaan maka anda akan dapat menghasilkan sebuah karya yang hebat.

Mengapa passion itu penting?

Jika kita menjadi seorang pemimpin kita harus memiliki sebuah passion tersendiri dalam menjalani roda kepemimpinan. Dalam hal kepemimpinan, semangat dan gairah pemimpin sangat diperlukan untuk menularkan energi kepada orang-orang yang dipimpinnya.

Semangat dan gairah seorang pemimpin akan terlihat dari bahasa tubuhnya saat melakukan aktivitas, mengatasi masalah-masalah serta melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pemimpin. Bahasa tubuh akan menjadi aura positif bagi orang-orang yang dipimpinnya untuk turut dalam meningkatkan kinerjanya. Jika tidak ada passion, bagaimana pemimpin bisa melakukan perubahan? Dan bagaimana juga pemimpin bisa memotivasi anggota-anggotanya.

Dengan demikian semangat adalah hal mutlak yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi :