Mengapa orang pada jaman dahulu dekat dengan hal-hal yang berbau mistis?

budaya
mistis

(Bima Satria) #1

Pada jaman dahulu, manusia sering mengkaitkan setiap hal dengan sesuatu yang berbau mistis/tahayul atau mitos.
Seperti contoh pada masa sekarang, pada kebudayaan jawa, ketika ada orang yang hendak menikah pasti harus menentukan hari yang “baik”.
Contoh lainnya tentang mitos yang ada di Indonesia adalah ketika kita merasakan panas pada telinga kita secara tiba-tiba atau kita mendadak bersin, maka mitosnya ada yang sedang membicarakan kita.
Bagaimanakah pendapat anda tentang hal ini?

Gambar: www.mbatious.com


(Athayya Salsabila Anandityo) #2

Mitos adalah sebuah cerita-cerita yang dipakai sebagai sebuah pedoman atau pegangan dalam menjalankan kehidupan pada zaman dahulu. Menurut orang Yunani, mitos merupakan cerita-cerita tentang para dewa. orang-orang zaman dahulu hidup dan berkembang dari mitos-mitos itu, faktor pertama adalah karena mitos bersifat mutlak. Dengan kata lain apa yang menjadi mitos, mutlak perlu atau harus dipercayai. Sehingga orang-orang yang hidup dizaman dahulu menghidupi mitos tersebut. faktor yang kedua adalah orang-orang yang hidup pada zaman dahulu, belum terlalu bisa berpikir kritis rasional akan sesuatu peristiwa atau kenyataan. dan faktor ketiga karena masih belum banyak penyebar agama, dalam kata lain, masih tipisnya iman terhadap Tuhan.