Mengapa orang Indonesia sering mendewakan hal-hal yang datang dari luar negeri?

Globalisasi yang menyamarkan batas-batas dunia, memudahkan kita untuk mengakses segala sesuatu dari berbagai negara. Fashion, Drama Korea, artis dan influencer asal luar negeri, produk kecantikan, musik, dll. merupakan sedikit contoh dari hasil globalisasi. Globalisasi jelas mendatangkan banyak manfaat. Namun, terkadang orang Indonesia terlalu “mendewakan” hal-hal yang datang dari luar negeri.
Kita bisa ambil contoh dari beberapa artis/influencer luar negeri yang sangat disanjung masyarakat Indonesia.
Sebenarnya apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu juga?

Karena hari ini yang menjadi kiblat bagi hampir seluruh manusia adalah kehidupan yang ada di barat. Dengan budaya da perkembangan teknologinya yang hampir menguasai dunia, akhinya banyak sekali yang mengagumi kebudayaan barat daripada kebudayaannya sendiri. Belum lagi budaya korea yang telah masuk di Indonesia yang membuat banyak orang terpengaruh dan mengidolakan artis-artis korea maupun barat. Namun kalau dibandingkan dengan Indonesia secara kualitas, memang dinilai kualitas hiburan sepeti music dan artis dari luar negeri lebih unggul daripada Indonesia. Kalau secara kualitas saja sudah kalah saing, akhirnya masyarakat Indonesia beralih kepada hiburan di luar negeri. Yang akhirya rasa kebanggaan masyarakat terhadap budaya lokal maupun hiburan dalam negeri mulai terkikis dan luntur

Kondisi lingkungan turut memicu faktor berkembangnya budaya barat di Indonesia. Dimana di kota-kota besar yang akses informasinya sangat cepat dan remajanya yang terbuka dalam hal-hal yang berbau barat membuat masyarakatnya lebih mudah terpengaruh dibandingkan dengan remaja yang berada di pedesaan. Faktor teman sepergaulan juga dapat memberikan pengaruh kepada kita, jika teman kita memiliki budaya yang kebarat-baratan otomatis kita akan mengikutinya. Masalah perekonomian juga merupakan faktor pemicu suksesnya budaya barat tersebut berkembang di Indonesia. Remaja yang merasa mampu mengikuti budaya barat tersebut berusaha membeli barang-barang yang dapat mendukung penampilannya yang kebarat-baratan, seperti pakaian, model rambut, dll.

Pengaruh negatif dari budaya asing ini sangat merugikan dan meresahkan, karena dapat merusak moral bangsa. Namun, disamping budaya asing membawa pengaruh negatif terhadap moral remaja indonesia, kita sebenarnya juga dapat meniru hal yang positif dari Bangsa asing. Pengaruh positifnya adalah kita bisa melihat betapa orang barat itu sangat maju dalam bidang pendidikan dan teknologi sehingga menjadikan negaranya menjadi negara maju. Selain itu dapat merubah tatanan kehidupan bermasyarakat yang adil, maju, dan makmur.

Saya juga berpikir seperti itu kak, kalau untuk masalah hiburan negara kita memang masih kalah kualitasnya dari luar negeri. Namun, untuk kualitas yang lainnya, seperti pakaian, produk kecantikan, aksesori, menurut saya sudah banyak yang kualitasnya setara bahkan lebih baik dari produksi luar negeri, hanya saja mungkin pemasarannya masih kurang masif sehingga orang kita belum tertarik dengan produksi dalam negeri.