Mengapa orang dewasa mudah berjerawat?

acne

Bicara soal usia, semakin dewasa tidak dipungkiri perawatan wajah jadi semakin kompleks. Bukan hanya soal perawatan anti-aging, tapi juga menjauhkannya dari berbagai permasalahan. Salah satunya jerawat. Meski jerawat berkaitan erat dengan remaja, fakta yang cukup menggelikan adalah orang dewasa justru jauh lebih mudah berjerawat dibanding remaja.

Perubahan Hormon
Jerawat dewasa biasanya disebabkan oleh hormon. Karena hormon inilah yang merangsang kelebihan produksi minyak di wajah. Umumnya, perubahan hormon ini bertindak dalam bentuk siklus menstruasi, penggunaan kontrasepsi, pasca dan pra-menopause, serta jenis makanan yang mempengaruhi hormon (misal, susu dan daging). Itulah alasan mengapa perempuan lebih mudah berjerawat dibanding laki-laki.

Cuci Muka Berlebihan
Scrubbing dan cuci muka berlebihan bisa buat kulit kering dan iritasi. Kulit yang kering memaksa minyak berproduksi lebih banyak, sehingga berujung pada jerawat. Ketika hormon dipersalahkan, kemudian ditambah dengan cara merawat wajah yang salah, tidak heran jika jerawat sulit dihindari.

Stress
Stress akut berperan besar dalam jerawat dewasa. Alasannya, stress merangsang produksi endrogen yang bekerja meningkatkan jumlah sebum. Lag-lagi, kulit yang super berminyak membuat pori-pori wajah tersumbat dan jadi sarang empuk bakteri penyebab jerawat. Sebuah survey oleh Differin juga menyebutkan 90 persen orang mengalami jerawat saat stress. Sudah seharusnya kita pintar me-manage stress karena bagaimanapun stress tidak baik untuk overall body and skin health.

sumber: