Mengapa MVP itu penting ?

Sebuah MVP mungkin satu langkah terpenting dari jalanmu membuat sebuah produk yang baik.
Mengapa MVP menjadi penting bagi sebuah produk ?

Produk MVP adalah produk dengan hanya seperangkat fitur dasar yang cukup untuk menarik perhatian pengguna awal dan menjadikan solusi Anda unik.

Saya yakin Anda pernah mendengar perusahaan berkembang seperti Uber, Dropbox, dan Zappos. Mereka semua dimulai sebagai MVP dan kemudian memperoleh kekuasaan dan pengaruh. Contoh-contoh ini membuktikan keuntungan mengembangkan MVP.

main-qimg-8e09e1c4d5879b16806babf5b2ab17dd

MVP adalah cara cerdas untuk:

  • Membebaskan produk Anda ke pasar dalam waktu singkat.
  • Mengurangi biaya implementasi.
  • Menguji permintaan untuk produk Anda - sebelum merilis produk lengkap.
  • Menghindari kegagalan dan kerugian modal besar.
  • Mendapatkan wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil.
  • Bekerja langsung dengan klien Anda dan menganalisis perilaku dan preferensi mereka.
  • Mengumpulkan dan tingkatkan basis pengguna Anda.

Selain itu, Anda mungkin menemukan lebih banyak masalah yang dapat Anda atasi atau tekan pada ide-ide baru dan penawaran eksklusif, yang berarti lebih banyak kesempatan untuk menghidupkan bisnis Anda.

Meskipun konsep produk minimum yang layak mungkin tampak sederhana, beberapa pengusaha masih salah memahami gagasan MVP. Dalam mengejar produk yang sempurna, beberapa perusahaan kehilangan fokus mereka pada nilai inti dan mencoba memasukkan setiap fitur. MVP menjadi kelebihan beban dengan fitur, perusahaan kehilangan uangnya dan gagal untuk berhasil.

Kesalahan lainnya adalah terlalu sering memfilter fitur produk dan memotong fungsi kunci produk. Penting untuk memahami bahwa “serangkaian fitur dasar” tidak berarti Anda dapat merilis produk mentah. Anda harus menyediakan pengguna Anda dengan produk yang layak dan bekerja yang akan memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan seluruh perjalanan dan mencapai tujuan mereka.

Setelah itu, Anda dapat menambahkan lebih banyak fitur ke dalamnya secara bertahap. Aturan emas di sini adalah bahwa setiap fitur tambahan atau setiap rilis baru MVP Anda harus menawarkan solusi yang lebih baik bagi pelanggan Anda: memecahkan masalah mereka lebih cepat dan lebih baik.

Jika Anda memilih untuk membuat MVP Anda sendiri, baca tentang jenis utama MVP dan adopsi yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Why is MVP necessary?