Mengapa MVP harus dibuat berulang-ulang?

Salah satu kesalahan konsepsi MVP adalah Minimum viable product (MVP) tidak dianggap sebagai sebuah proses. Lalu mengapa sebuah MVP harus dibuat berulang-ulang?

Minimum Viable Product (MVP) adalah sebuah teknik pengembangan produk dimana sebuah produk baru atau website dikembangkan dengan fitur-fitur atau karakteristik tertentu untuk dicoba oleh peng guna awal terlebih dahulu. Produk final baru dibuat ketika sudah ada masukan dan saran dari pengguna awal.

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa itu Minimum Viable Product. Memang istilah ini jarang diketahui oleh wirausahawan sosial, khususnya di Indonesia. Namun sebagai wirausahawan sosial yang baik, Anda harus mengetahui apa itu MVP dan kegunaannya agar Usaha Sosial Anda dapat menjadi lebih baik dan menguntungkan.

Alasan MVP dibuat secara berkala dan berulang-ulang adalah agar dapat memperlihatkan keuntungan di masa depan untuk pengguna awal serta sebagai bahan evaluasi atas produk yang dihasilkan.

Referensi

Murrin, Calfin. 2015. Technopedia (2015) Minimum Viable Product LEAN StartUp Circle ( 2016) 5 Steps to building Minimum Viable Product with Story Mapping