Mengapa mulut mau saat bangun tidur?

Bau Mulut

Saat bangun tidur, biasanya akan tercium bau tak sedap dari mulut. Padahal sebelum tidur, kita sudah menyikat gigi. Tapi kenapa masih bau?

Bakteri di Mulut
Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang tertumpuk di mulut. Walaupun sudah menyikat gigi sebelum tidur, sisa-sisa makanan masih ada yang menempel pada gigi. Bakteri itu akan cepat bertumbuh dan berkembang biak sehingga menyebabkan bau mulut.

Mulut yang Kering
Saat kita beraktivitas, kita pasti akan berbicara dengan orang lain, mulut kita bergerak dan adanya air liur dapat membersihkan sisa makanan di mulut dan mencegah berkembangnya bakteri. Saat kita tidur, air liur tidak diproduksi sebanyak pada saat beraktivitas sehingga mulut menjadi kering dan jumlah oksigen di mulut juga lebih sedikit.
Bakteri tidak bisa tumbuh dalam mulut yang kering dan tanpa bantuan oksigen sehingga untuk bertahan hidup, bakteri akan mencerna protein dari sisa makanan yang berada di antara gigi dan juga air liur. Protein yang dicerna oleh bakteri itu akan menghasilkan gas sulfur atau gas belerang yang mengakibatkan bau tidak sedap pada mulut saat bangun tidur.

Makanan yang Dikonsumsi
Makanan yang kita makan dari pagi hingga malam hari juga menjadi faktor penyebab bau mulut, lo. Kandungan gula pada permen selain bisa merusak gigi juga ternyata bisa membuat bau mulut karena kandungan gula yang bertemu dengan bakteri.
Telur mengandung protein yang bisa membantu bakteri berkembang biak dan menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Bawang putih dan makanan cepat saji selain membuat bau pada tubuh juga bisa membuat mulut menjadi bau.

sumber : Penyebab Napas Bau Saat Bangun Tidur

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun kita sudah menyikat gigi sebelum tidur, terkadang masih ada sisa makanan yang ternyata tidak tersentuh oleh sikat gigi. Alhasil, saat tidur, bakteri yang ada di dalam mulut pun menggerogoti berbagai sisa makanan tersebut dan berkembang biak. Saat memecah protein yang berasal dari sisa makanan ini, zat sulfur muncul dan akhirnya menyebabkan mulut kita menjadi bau. Selain adanya perkembangan bakteri dan munculnya zat sulfur, kondisi mulut yang terus tertutup membuat tidak adanya sirkulasi udara sehingga baunya pun terus terkumpul pada mulut kita.

Sebenarnya, proses bakteri dalam menggerogoti sisa makanan ini juga berlangsung di siang hari. Hanya saja, karena saat siang kita kerap makan dan minuman, maka mulut pun akan memproduksi air liur dalam jumlah yang lebih banyak. Padahal, air liur inilah yang menjadi penghambat pertumbuhan dan kinerja bakteri. Alhasil, proses pemecahan protein pada sisa makanan tidak begitu sering terjadi sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami bau mulut.

Penyebab lain dari munculnya bau mulut saaat bangun tidur adalah makanan yang kita konsumsi sejak siang hari yang memang memiliki kecenderungan mampu membuat bau tidak sedap. Selain itu, bagi mereka yang memang cenderung malas membersihkan gigi dan mulut, khususnya sebelum tidur, maka resiko untuk terkena bau mulut juga akan meningkat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap rajin menyikat gigi sebelum tidur. Memang, kita masih bisa mengalami bau mulut, namun, setidaknya bau mulut ini tidak begitu parah dan bisa segera dihilangkan setelah makan, minum, atau kembali menyikat gigi.

Sumber: http://doktersehat.com/mulut-bau-naga-saat-bangun-tidur-ternyata-ini-penyebabnya/