Mengapa MOV (Measurable Organization Value) dapat mengatur sumber daya dengan efisien?

Untuk mengerjakan suatu proyek dibutuhkan tim yang akan melakukan pekerjaan sesuai tugasnya masing - masing yang sudah ditetapkan. Dengan menggunakan MOV (Measurable Organization Value) diharapkan dapat mengatur tim tersebut menjadi lebih efisien.

Mengapa MOV (Measurable Organization Value) dapat mengatur sumber daya dengan efisien ?

Measurable Organizational Value atau disingkat MOV dapat mengatur serta memotong pengeluaran, memperluas operasi, dan memperbaiki komunikasi. Top Manajemen telah sampai pada sebuah konsep bahwa dengan penambahan Virtual Office, kebutuhan perusahaan akan terpenuhi. Unsur-unsur proyek yang memberikan value bagi perusahaan dapat membuat kenyamanan pegawai untuk dapat mengakses aplikasi dan dokumen perusahaan yang terkait dengan proyek. Kembalinya modal investasi perusahaan dapat menghemat uang untuk perlengkapan kantor dan peralatan di ikuti dengan memberikan kemudahan serta fasilitas kepada pegawai perusahaan. Keuntungan dari segi biayanya adalah bahwa menerapkan Virtual Office sangat berharga karena perusahaan dengan jangka panjang akan menghasilkan uang yang banyak dan mengeluarkan dalam jumlah kecil.

Sumber : https://smithsystemsconsultingproject.weebly.com/measurable-organizational-value-mov.html

MOV memberikan panduan penting tentang penggunaan sumberdaya yang paling efisien untuk memaksimalkan manfaat dari portofolio, program dan proyek. MOV menggabungkan prinsip, proses, dan teknik dalam satu kesatuan. Dalam sebuah investasi atau bisnis, membangun secara efisien bukanlah jaminan bahwa produk akhirnya akan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Yang dibutuhkan adalah merubah perspektif sehingga fokusnya bukan pada hal-hal apa saja atau apa output nya, tetapi pada hal-hal yang menyangkut fungsi dari apa yang akan dibangun atau dibuat, sehingga akan terlihat hasilnya.

Dengan berfokus pada fungsi aktual dari kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan, hasilnya akan lebih baik dan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar nantinya. MOV juga memprioritaskan keterlibatan pelanggan, efisiensi dan mengurangi sesuatu yang merugikan. Prinsip ini dikemukakan oleh Lean dan Six Sigma. Ketika Lean dan Six Sigma fokus pada efisiensi, MOV fokus pada efisiensi, keefektivan dan ekonomis. MOV memberikan banyak keunggulan. Ketika peluangnya baik, maka permintaan suatu produk akan lebih tinggi, karena harga menjadi lebih rendah, hal ini membuatnya lebih kompetitif. Pada waktu lain, akan dilakukakan pemotongan biaya untuk menjaga agar kerugian yang didapat sesedikit mungkin. Terkadang, kegiatan dan proyek akan dihentikan sama sekali agar value yang didapat bertambah. MOV membahas hal ini secara objektif dan dapat diaudit.

Panduan dalam MOV ini dimaksudkan untuk membantu organisasi dan individu dalam menggunakan metodologi agar berhasil dan terbukti melengkapi praktik manajemen mereka saat ini, sehingga dapat meningkatkan value yang mereka berikan dan memanfaatkan sumber daya dengan lebih baik.


Referensi :
https://www.axelos.com/best-practice-solutions/mov/what-is-mov

https://www.ilxgroup.com/uk/individual/training/mov/benefits

http://www.blog.greenprojectmanagement.org/index.php/2016/02/08/the-value-of-value-management/

https://www.axelos.com/Corporate/media/Files/Brochures/Benefits-of-MoV.pdf

MOV mengukur keberhasilan atau kegagalan sebuah proyek dalam hal dampak yang diinginkan proyek, yang dapat dinyatakan dalam persyaratan finansial atau non finansial. Setiap MOV adalah ukuran yang disepakati dan diverifikasi yang mencerminkan nilai hasil proyek berdasarkan tujuan organisasi. Misalnya, dampak yang diinginkan proyek mungkin untuk menembus pasar baru, memberikan layanan pelanggan yang lebih efisien atau meningkatkan margin produk. Dengan menggunakan MOV, sebuah organisasi dapat memastikan proyek memaksimalkan penggunaan sumber daya perusahaan untuk menghasilkan manfaat strategis, pelanggan, operasional, sosial atau finansial.

Tidak seperti mengevaluasi sebuah proyek berdasarkan perkiraan pengembalian investasi atau ROI, MOV digunakan untuk mengevaluasi sebuah proyek dalam hal nilai bisnisnya. Misalnya, fitur yang meningkatkan katalog produk yang membuat pembelian pelanggan lebih efisien dapat menyebabkan peningkatan pendapatan. Selain itu, jika fitur mengarah ke pertumbuhan pasar atau jumlah pelanggan yang lebih banyak, hal itu dapat menyebabkan peningkatan penjualan. Dengan begitu metode MOV bisa menyebabkan keefisiensian penggunaan sumber daya pada perusahaan.

Referensi :

MOV (Measurable Organizational Value) sebagai bagian dari pengembangan strategi, manajemen portofolio, dan pelaksanaan proyek. Konsep MOV ini sangat penting bagi organisasi yang ingin memastikan proyek mereka dapat memberikan nilai bagi organisasi. MOV membantu organisasi untuk menentukan apakah strategi proyek yang dibuat sesuai dengan visi organisasi, dan apakah proyek ini juga memberikan bottom line needed-value bagi organisasi dan para pemangku kepentingan.

Menjadikan masukan bagi sejumlah komponen perencanaan dan alat pengambilan keputusan untuk mengelola risiko dan permintaan akan perubahan. Sebagai titik focus untuk mengelola proyek dengan kriteria keberhasilan yang sesuai. MOV dapat digunakan untuk membuat banyak keputusan terkait dengan cakupan, jadwal, anggaran dan sumber daya melalui siklus hidup proyek.

MOV dapat meningkatkan efisiensi sumber daya perusahaan, dengan penambahan produktivitas, misalnya pada database, maka akan menjadi lebih efektif dalam mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi yang sesuai. Nilai tambah produktivitas staf saat menggunakan database dapat dengan mudah diukur. Kepuasan karyawan dengan sistem yang lebih baik dapat digunakan untuk menilai keberhasilan proyek lebih lanjut. MOV dapat digunakan untuk mengidentifikasi nilai potensial yang dihasilkan dari proyek untuk organisasi/perusahaan. Tujuan MOV di dalam perusahaan adalah untuk memotong pengeluaran, memperluas area operasi dan memperbaiki komunikasi antar organisasi.


Referensi :



Marchewka, J. T. 2014. Information Technology Project Management. United States of America