Mengapa Michael Jackson dijuluki 'King of Pop'?

Michael Joseph Jackson atau Micahel Jackson adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai the “King of Pop” dan memopulerkan gerakan dansa “Moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya. Apa alasan yang membuat ia dijuluki sebagai ‘King of Pop’?

Dengan lebih dari 75 juta album terjual di Amerika Serikat, Jackson menempati urutan ke-7 dalam daftar artis-artis terlaris RIAA sepanjang masa. Saat kami mendekati peringatan lima tahun kematiannya, kami melihat kembali 10 pencapaian kerajaan yang menjadikan Jackson King of Pop.

1970: First Four No. 1 Hits
Jackson membuat sejarah dengan saudara-saudaranya di Jackson 5 ketika mereka menjadi kelompok pertama dalam sejarah pop untuk memiliki empat single pertama mereka hit No. 1. Lagu-lagu itu “Aku Ingin Kau Kembali,” “Aku akan Ada,” "The Love You Save, “dan” ABC. " Yang terakhir ini mendapatkan Jackson 5 nominasi GRAMMY pertama mereka untuk Penampilan Vokal Kontemporer Terbaik Oleh A Duo, Grup Atau Paduan Suara.

1982: Thriller Dirilis
Setelah merilis album hit 1979-nya Off The Wall, Jackson merilis Thriller pada 30 November 1982. Kedua album itu dilantik ke dalam GRAMMY Hall Of Fame pada tahun 2008, tetapi Thriller secara luas dianggap sebagai album Jackson yang paling sukses. Diproduksi oleh Quincy Jones dan Jackson, album landmark menjadi album pertama yang menghasilkan tujuh Top 10 hits di Billboard Hot 100. Dengan penjualan 29 juta kopi, Thriller terikat dengan Eagles 'Greatest Hits 1971–1975 mereka sebagai album terlaris sepanjang masa menurut RIAA.

1983: The Moonwalk
Jackson memulai debutnya apa yang akan menjadi gerakan tarian khasnya, moonwalk, selama pertunjukan “Billie Jean” pada 16 Mei 1983, khusus TV “Motown 25: Yesterday, Today, Forever” dalam perayaan ulang tahun ke 25 label itu.

Belakangan tahun itu, pada 2 Desember Jackson mengubah dunia video musik untuk selamanya ketika ia merilis video musik untuk “Thriller.” Epik 14 menit yang hampir dekat membuka kemungkinan tak terbatas dari video musik, sambil membantu menyatukan kemampuan medium.

1984: Delapan GRAMMY, Satu Malam
Jackson membuat sejarah ketika ia menjadi artis pertama yang memenangkan delapan GRAMMYs dalam satu malam di GRAMMY Awards Tahunan ke-26 pada 28 Februari 1984. The King of Pop’s haul termasuk Album Of The Year untuk Thriller dan Rekam Tahun Ini untuk "Beat It . " Jackson adalah salah satu artis dengan GRAMMYs paling menang di era '80 -an dengan 11.

1984: Hollywood Walk Of Fame X 2
Jackson menjadi selebriti pertama yang memiliki dua bintang dalam kategori yang sama di Hollywood Walk of Fame. Sebelum menerima bintang rekaman sebagai artis solo, ia mendapatkan namanya di semen sebagai bagian dari Jacksons (sebelumnya dikenal sebagai Jackson 5) pada tahun 1980.

1988: GRAMMY Solo Performance Debut
Jackson melakukan debut perdananya di GRAMMY pada Festival Tahunan ke-30, yang berlangsung di New York pada 2 Maret 1988. Mungkin salah satu pertunjukan terbesar dalam sejarah GRAMMY, Jackson menampilkan medley yang menampilkan “The Way You Make Me Feel” dan “Pria di cermin.”

1993: GRAMMY Legend Award
Hingga saat ini, hanya 15 orang telah dianugerahi penghargaan bergengsi GRAMMY Legend - sebuah Penghargaan Merit Khusus Akademi Rekaman yang disajikan kepada individu atau kelompok untuk kontribusi dan pengaruh yang sedang berlangsung di bidang rekaman. Jackson menjadi individu ke-10 untuk mendapatkan kehormatan ini pada tahun 1993.

1997: The Jackson 5 Memasuki The Rock Hall
Jackson dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame untuk pertama kalinya sebagai bagian dari Jackson 5 dengan saudara-saudaranya Jackie Jackson, Jermaine Jackson, Marlon Jackson, dan Tito Jackson. Dia kemudian dilantik sebagai artis solo pada tahun 2001.

2009: 2,6 Juta Unduhan Dijual
Dalam seminggu setelah kematiannya, Jackson menjadi artis pertama yang menjual lebih dari 1 juta trek digital dalam satu minggu. (Dia menjual 2,6 juta lagu, dengan mudah memecahkan rekor lama.) Dia juga menjadi artis pertama yang memiliki tiga album terlaris di Amerika Serikat. Dua minggu kemudian, ia menjadi artis pertama yang memiliki enam dari 10 album terlaris.

2014: Jackson Membuat Sejarah … Lagi
Pada 21 Mei Jackson menjadi artis pertama dalam sejarah yang mencetak Top 10 hit di Billboard Hot 100 dalam lima dekade berbeda ketika “Love Never Felt So Good” (dari rilis anumerta, Xscape) mencapai No. 9.

Sumber : https://www.grammy.com/grammys/news/10-reasons-michael-jackson-became-king-pop