Mengapa menjadi seorang manajer produk tidaklah mudah?


Manager produk (Product Manager) bertanggung jawab untuk keseluruhan strategi, perencanaan & pengembangan, roadmap, dan fitur dari sebuah produk atau lini produk. Dalam hal ini, produk dapat berupa produk fisik ataupun produk digital. Tanggung jawab Manager Produk juga dapat mencakup pemasaran, perencanaan, dan bertanggung jawab atas laba rugi (P & L).

Menjadi seorang manajer produk tidaklah mudah, karena harus dapat melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Harus dapat mengendalikan atau menyingkirkan ego
Sebagai seorang Manajer Produk, harus belajar untuk menyingkirkan ego dan mengingat bahwa diri kita memiliki kegagalan, sedangkan tim memiliki kesuksesan. Tim yang baik akan bekerja dengan baik, karena setiap orang akan memiliki rasa tanggung jawwab terhadap produk dan pekerjaan tersebut, sehingga mendapatkan kredibilitas untuk mengajak tim kedalam suatu visi atau strategi produk tertentu.

2. Seorang manajer produk tidak langsung dapat membangun apapun
Banyak orang berpikir bahwa menjadi seorang Manajer Produk dapat mengerjakan berbagai macam hal, seperti teknik, mendesain, marketing, keuangan, strategi, dan lain-lain. Padahal, hal tersebut bergantung pada setiap perusahaan, akan ada tim yang mampu untuk melakukan setiap fungsi tersebut, dan peran sebagai manajer produk akan lebih mudah dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan masing-masing tim. Pada akhirnya, seorang manajer produk tidak boleh menjadi salah satu dari committing code, atau merancang UI/UX dari awal. Akan tetapi manajer produk harus membantu dan memberikan feedback jika perlu, akan tetapi perlu diketahui bahwa pekerjaan manajer produk dapat dihapus dan manajer produk harus membiarkan para expert disetiap tim untuk melakukan yang terbaik.

3. Tidak ada kepuasaan yang didapatkan secara langsung
Manajemen produk adalah pekerjaan yang tidak memiliki kepuasan secara langsung dan nyata. Bahkan tidak ada momen yang jelas dimana akan menemukan dan memperbaiki bug atau kapan saat manajer produk merancang user flow yang sempurna, atau kapan manajer product berhasil menyeimbangkan budget. Seorang manajer produk akan berjuang dalam pengambilan banyak keputusan kecil dan hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama hingga akhirnya dapat mencapai final produk, dan pada saat itulah dapat berbagi kepuasan dengan semua tim yang bekerja untuk mewujudkannya.

4. Tidak akan ada yang mengerti apa yang manajer produk lakukan
Pada kenyataannya adalah tidak akan ada seorangpun termasuk keluarga dan teman yang akan benar-benar mengerti dengan apa yang manajer produk lakukan.

References

https://www.quora.com/Why-is-it-so-hard-to-be-a-product-manager