Mengapa meniup makanan dan minuman panas bisa membuatnya dingin?

Mengapa meniup makanan dan minuman panas bisa membuatnya dingin?

Bagi sebagian orang, meniup makanan atau minuman dinilai jorok atau tidak sopan. Tetapi secara ilmiah, cara tersebut bisa dibenarkan loh. Sebenarnya apa yang terjadi saat kita meniup minuman atau makanan sampai bisa membuatnya dingin?

Meniup minuman atau makanan pada dasarnya akan mempercepat penguapan. hembusan udara dari pengering akan menghalau uap air yang baru saja menguap di atas benda yang dikeringkan sehingga air yang ada pada benda tersebut bisa terus menguap. Hal yang sama terjadi saat kita meniup makanan atau minuman. Tiupan udara dari mulut kita akan menghalau uap air yang baru saja menguap dari minuman atau makanan tersebut. Hal ini menyebabkan kandungan air yang ada dalam minuman atau makanan itu bisa terus menguap.

Dalam sekumpulan air dengan suhu tertentu, terdapat berbagai macam molekul dengan energi dan suhu yang berbeda-beda. Suhu rata-rata yang dimiliki oleh molekul-molekul air tersebut itulah yang menjadi suhu air tersebut secara keseluruhan. Semakin tinggi suhu suatu molekul, energinya akan semakin tinggi. Dalam proses penguapan, molekul yang paling cepat menguap adalah molekul yang energinya paling besar karena ia paling cepat pergi ke udara.

Molekul-molekul yang memiliki energi besar itu tak lain adalah molekul yang bersuhu tinggi. Karena itulah, saat penguapan molekul-molekul dengan suhu tinggi akan pergi lebih dahulu. Akibatnya, suhu rata-rata molekul pada air tersebut akan turun. Semakin lama, molekul suhu tinggi akan semakin hilang, sehingga suhu rata-rata molekul air juga semakin turun dan air menjadi semakin dingin.

Sumber:
sains.me