Mengapa menggunakan metode penelitian kualitatif ?

metode_penelitian

(Bima Satria) #1

Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuatifikasi. Penelitian kualitatif dapat menunjukkan kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsional organisasi, pergerakan sosial, dan hubungan kekerabatan.

Mengapa menggunakan metode penelitian kualitatif ?


(Gatot Anwar Nasution) #2

Jawaban yang paling sederhana adalah karena tidak semua permasalahan yang ada di dunia nyata dapat dijawab atau diselesaikan dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk lebih jelasnya, metode penelitian kualitatif akan cocok dan tepat digunakan untuk meneliti hal-hal sebagai berikut.

  1. Masalah penelitian belum jelas, masih remang-remang atau mungkin malah masih gelap. Kondisi semacam itu cocok diteliti dengan metode kualitatif, karena penelitian kualitatif akan langsung masuk ke objek sasaran, melakukan penjelajahan dengan grand tour question sehingga masalah akan dapat ditemukan dengan jelas. Melalui penelitian model ini, penelitian akan melakukan eksplorasi terhadap suatu objek.

  2. Memahami makna di balik data yang tampak. Gejala sosial sering tidak bisa dipahami berdasarkan apa yang diucapkan dan dilakukan orang. setiap ucapan dan tindakan orang sering mempunyai makna tertentu.

  3. Memahami interaksi sosial yang sifatnya kompleks. Untuk memahami interaksi sosial yang rumit hanya dapat diurai kalau peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif, dengan cara ikut berperan serta, wawancara mendalam terhadap interaksi sosial tersebut.

  4. Memahami perasaan seseorang

  5. Mengembangkan teori. Metode penelitian kualitatif relatif paling cocok digunakan untuk mengembangkan teori yang dibangun melalu data yang diperoleh dilapangan. Teori yang demikian dibangun melalui grounded research.

  6. Memastikan kebenaran data. Dengan metode penelitian kualitatif, melalaui teknik pengumpulan data secara triangulasi kepastian data akan lebih terjamin. Selain itu juga data yang diperoleh diuji kredibilitasnya dan penelitian berakhir setelah data itu jenuh dan kepastian data akan diperoleh.

  7. Meneliti sejarah perkembangankehidupan sesseorang tokoh atau perkembangan masyarakat akan dapat dilacak dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan data dokumentasi, wawancara mendalam terhadap pelaku atau orang yang dipandang tahu.