Mengapa memiliki "self confidence" merupakan hal yang penting?

self confidence

Self confidence merupakan bagian dari bagaimana kita memandang diri sendiri. Menurut Peter Lauster, kepercayaan diri merupakan satu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, hangat dan sopan dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Lauster menggambarkan bahwa orang yang mempunyai kepercayaan diri memiliki ciri-ciri tidak mementingkan diri sendiri (toleransi), tidak membutuhkan dorongan orang lain, optimis dan gembira. Ketika kita yakin pada kemampuan diri, maka cenderung semakin termotivasi mencapai tujuan dan memiliki motivasi yang lebih tinggi.

Lalu menurut kalian, mengapa dikatakan bahwa memiliki self confidence itu merupakan hal yang penting?
Share di bawah yaaa…

Self confidence atau rasa percaya diri memang sangat penting karena kita sering belum mengetahui kemampuan diri kita sendiri. Pasti kita sering merasa kita ga mampu buat ngelakuin sesuatu karena udah lihat tingkat kesulitan suatu kegiatan atau melihat orang lain yang menurut kita posisinya lebih tinggi dari kita. Padahal, kita ga tau kalo tubuh kita juga punya kemampuan yang ga kalah dari orang lain atau lebih hebat dari yang kita kira. Dengan self confidence atau percaya diri, kita bisa mengalahkan rasa tidak percaya diri itu atau sering disebut insecurity. Dengan self confidence, kita menjadi memiliki motivasi yang lebih tinggi dan lebih berani untuk setidaknya mencoba sesuatu. Orang yang memiliki self confidence yang baik umumnya berpikiran kalo mereka tidak apa-apa untuk gagal, paling engga udah mencoba dulu sebelumnya. Justru dengan kegagalan itu dapat diambil hikmah atau pesan yang sangat berharga. Orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi juga cenderung lebih optimis saat mendapatkan ujian atau tugas yang berat karena mereka yakin bahwa mereka dapat menjalani dan mengatasi ujian atau tugas itu.

Jadi, kita harus menjadi individu yang optimis dan bersikap positif dalam menghadapi sesuatu. Kita harus percaya bahwa tubuh kita mampu untuk menghadapi ujian atau tugas itu karena pada dasarnya Tuhan ga akan kasih ujian di luar kemampuan hamba-Nya. Jika kita ngerasa suatu ujian itu berat banget, kita harus tenang sejenak dan memikirkan baik-baik jalan keluarnya. Kita juga ga harus selalu menghadapi semua ujian hidup sendirian. Kita boleh banget buat minta bantuan keluarga, sahabat, atau teman buat bantuin kita setidaknya buat cari solusinya.