Mengapa membuat narasumber nyaman sebelum wawancara merupakan hal yang penting?

Comfort harus dirasakan oleh narasumber ketika kita akan melakukan interview. Mengapa nyaman itu penting bagi komunikasi kita dengan narasumber?

Kenyamanan merupakan hal yang penting bagi proses pengambilan data dengan teknik wawancara. Membuat narasumber nyaman saat memberikan pemikiran mereka, membuat proses wawancara menjadi sangat terbuka. Selain itu adakah alasan-alasan penting lainnya?

Meningkatkan kepercayaan diri, jika kepercayaan diri narasumber meningkat maka diharapkan mereka tidak setengah-setengah dalam memberikan jawaban.

Kepercayaan diri perlu agar narasumber tidak selalu merasa apakah jawaban mereka merupakan jawaban yang diharapkan atau tidak.

Karena dalam wawancara tersebut, bukan benar atau salah yang menjadi key point anda, melainkan narasumber berkata dengan sejujurnya dan lebih terbuka.

Mengurangi perasaan tegang, kenyamanan yang berhasil anda ciptakan akan membuat rasa tegang dan cemas yang dialami narasumber menjadi berkurang. Hal ini akan mengurangi risiko dalam situasi dimana narasumber tiba-tiba blank dan tidak mengetahui apa yang harus dikatakan setelahnya, padahal terdapat kemungkinan bahwa narasumber tersebut memiliki jawaban yang berkualitas dan dibutuhkan oleh anda.

Menikmati pembicaraan, ada kalanya narasumber merasa bosan disuguhi dengan banyak pertanyaan, terutama jika anda menggunakan kosakata yang sulit untuk dimengerti. Oleh karena itulah kenyamanan wajib ada sehingga narasumber tidak sampai ke titik dimana wawancara yang dilakukan dengan anda hanya membuang waktu mereka, tanpa mendapatkan pengetahuan baru.
Sehingga, jika anda ingin melakukan wawancara, buat narasumber anda senyaman mungkin untuk membuat suasana komunikasi menjadi menyenangkan.

I define success as being comfortable with yourself and your life. And that is about as good as it gets, really” – Treat Williams


Sumber: