Mengapa meerkat disebut hewan bersosialitas tinggi ?

Kebanyakan orang menyebut bahwa meerkat dalah hewan dengan sosialitas tinggi, mengapa dianggap demikian ?

Meerkat atau Suricate (Suricata suricatta) merupakan seekor hewan mamalia kecil yang masih merupakan keluarga musang (mongoose) yang tinggal di gurun Kalahari, beberapa bagian Gurun Namib di Namibia, Barat Daya Angola, dan Afrika Selatan.

Meerkat hidup secara berkelompok yang terdiri dari 20 ekor meerkat atau lebih. Bahkan satu super grup Meerkat, yang juga biasa disebut geng atau klan meerkat, bisa terdiri dari 50 ekor atau lebih yang bisa dibilang sudah sangat terorganisir.

Dalam satu grup biasanya ada satu ekor meerkat yang bertugas sebagai pengawas dari predator disaat yang lainnya sedang mencari makan. Biasanya setiap sekitar 1 jam sekali mereka akan bergantian menjadi pengawas. Jika kondisi aman, Meerkat penjaga hanya akan menongolkan lehernya. Namun jika ada bahaya mengancam, maka Meerkat penjaga akan mengeluarkan suara peringatan agar Meerkat yang lain segera masuk ke lubang.

Sesaat sebelum para Meerkat keluar kembali dari lubang, Meerkat yang bertugas sebagai pengawas akan keluar terlebih dahulu untuk memastikan bahwa predator sudah menjauh. Si pengawas itu akan mengeluarkan suara-suara untuk memberi tahu keadaan di luar.

Meerkat adalah seekor penggali yang ulung. Mereka dapat menggali pasir sejumlah berat badannya sendiri hanya dalam waktu beberapa detik saja. Makanan utama Meerkat adalah serangga. Namun mereka juga memangsa kadal, ular, kalajengking, laba-laba, tanaman, telur, mamalia kecil, dan masih banyak lagi. Mereka memiliki tubuh yang kebal terhadap racun, termasuk dari racun paling mematikan dari kalajengking Gurun Kalahari.

Karena Meerkat tidak memiliki cadangan lemak di tubuhnya, maka setiap hari mereka harus mencari makan. Namun Meerkat kecil baru akan ikut mencari makan setelah umur mereka menginjak 1 bulan. Setelah berumur satu bulan, Meerkat kecil akan mengikuti Meerkat dewasa yang juga akan bertindak sebagai mentor dalam mencari makan.

Meerkat merupakan mamalia yang sangat sosial. Mereka tinggal di bawah tanah dalam sebuah koloni yang memiliki banyak lorong. Mereka hanya akan meninggalkan koloni disiang har untuk mencari makan. Meerkat yang tinggal dalam satu koloni memiliki ikatan keluarga yang sangat kuat.

Ada beberapa kebiasaan unik dari Meerkat yang mungkin layak untuk kita tiru. Dalam satu kelompok, mereka akan saling melindungi, berbagi, dan mengasuh bersama-sama Meerkat-Meerkat muda. Tak jarang, mereka juga berbagi liang dengan hewan lain seperti tupai tanah, musang kucing dan binatang lain yang tidak berebut sumber makanan. Uniknya, terkadang mereka juga ditemukan berbagi liang dengan ular.

Mereka juga sering terlihat seperti tengah melakukan pertandingan gulat atau lomba lari dalam satu kelompok. Namun, meskipun mereka terlihat begitu sosial, terkadang ada juga meerkat dewasa yang membunuh meerkat muda di dalam satu kelompok untuk memberikan posisi yang lebih tinggi bagi keturunan mereka sendiri.