Mengapa media sosial dapat menjadi salah satu alat untuk memahami kebutuhan pengguna ?

manajemen_produk

(Agtika) #1

Seperti yang kita tau, saat ini media sosial dapat dikatakan sebagai kebutuhan. Tentunya dengan adanya media sosial ini dapat membawa dampak bagi banyak aspek kehidupan.
Lalu apakah benar media sosial dapat menjadi salah satu alat untuk memahami kebutuhan pengguna ?

social media


(Agatha Shella Agtika) #2

Media sosial telah dikenal sebagai kategori wacana secara online dimana orang-orang membuat konten, berbagi, dan bookmark, dan pada tingkat cakupan yang luar biasa contohnya facebook, MySpace, Digg, Twitter dan JISC listservs disisi akademis (Asur & Huberman 2010).

Bagi beberapa pengusaha, pemasaran media sosial adalah “hal besar berikutnya,” mode sementara namun kuat yang harus dimanfaatkan sementara saat ini masih menjadi sorotan.
Dengan media sosial kita jadi bisa lebih memahami kebutuhan pengguna dengan melihat pola-pola yang tercipta di masyarakat.

Kaya akan pengalaman pengguna, dalam arti media sosial, intinya, adalah saluran komunikasi seperti email atau panggilan telepon. Setiap interaksi pelanggan yang Anda miliki di media sosial adalah kesempatan untuk menunjukkan tingkat layanan pelanggan Anda secara publik dan memperkaya hubungan Anda dengan pelanggan Anda. Misalnya, jika pelanggan mengeluhkan produk Anda di Twitter, Anda dapat langsung menanggapi komentar tersebut, meminta maaf secara publik, dan mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Atau, jika pelanggan memuji Anda, Anda bisa berterima kasih pada mereka dan merekomendasikan produk tambahan. Ini adalah pengalaman pribadi yang memungkinkan pelanggan mengetahui bahwa Anda peduli dengan mereka.

Meningkatkan wawasan akan pelanggan, media sosial juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan informasi berharga tentang apa yang diminati pelanggan Anda dan bagaimana mereka berperilaku, melalui sosial mendengarkan. Misalnya, Anda dapat memantau komentar pengguna untuk melihat pendapat orang tentang bisnis Anda secara langsung. Anda dapat mengelompokkan daftar sindikasi konten Anda berdasarkan topik dan melihat jenis konten mana yang paling menarik dan kemudian memproduksi lebih banyak jenis konten tersebut. Anda dapat mengukur konversi berdasarkan berbagai promosi yang diposting di berbagai saluran media sosial dan akhirnya menemukan kombinasi sempurna untuk menghasilkan pendapatan.

The Top 10 Benefits Of Social Media Marketing - Forbes