Mengapa mayoritas orang Indonesia menyukai genre musik Dangdut?

Musik Dangdut memiliki irama yang ringan, hal tersebut membuat penyanyi dan penikmat musik dangdut ingin menggoyangkan anggota badannya. Musik dangdut sangat mudah diterima masyarakat karena liriknya yang sederhana sehingga mudah dicerna.

7 Alasan Kuat Kenapa Kamu Perlu Mendengarkan Musik Dangdut

Kamu yang sudah sekian puluh tahun hidup di Indonesia pastinya sudah pernah mendengar musik dangdut lewat apapun. Kamu bisa mendengarnya baik di tempat umum seperti pasar atau kendaraan umum, di radio atau di stasiun-stasiun tv. Bahkan jika kamu berada di daerah pemukiman padat penduduk, musik dangdut sering diperdengarkan dengan keras misalnya pada acara sunatan, pernikahan, dan hajatan lainnya.

Terlepas dari pandangan negatif sebagian masyarakat tentang dangdut yang sering dihubungkan dengan goyangan yang tidak pantas ataupun perilaku negatif seperti saweran, ini beberapa alasan kenapa kamu perlu mendengarkan musik dangdut.

  1. Kamu jadi lebih paham tentang asal muasal musik pribumi kita ini.
    Disadari atau tidak, musik dangdut sudah populer ke mancanegara lho. Dangdut awalnya tidak bernama, namun seringkali menggunakan alat musik gendang yang menimbulkan suara “DANG” kemudian diikuti dengan “DUT”. Dari situ lah terbentuk istilah musik dangdut sejak budaya melayu masih sangat kental di Indonesia sekitar tahun 70-an. Hanya sedikit negara lho yang punya musik khas, jadi kita perlu berbangga hati punya dangdut!

  2. Saat mendengar musik dangdut kamu tidak mungkin tinggal diam.
    Yap! Kamu gak akan tinggal diam. Entah kamu akan nyinyir sama teman kamu ketika mendengarnya, mematikan musiknya, memindah saluran ke channel lain atau ditinggal tidur saja. Tapi percayalah bahwa kamu akan bosan dengan lagu hits yang selalu diputar berulang kali dimana-mana. Ketika kamu butuh sesuatu yang lain atau gak tahan karena gak bisa berbuat apapun, kamu akan ikut joget juga.

  3. Bahasanya sederhana, lugas dan menggambarkan maksud lagunya dengan apa adanya.
    Pernah tahu lirik dangdut kan? Kadang memang ada yang terdengar seperti pantun, tapi seringnya menggunakan kata-kata sederhana yang langsung to the point. Baik itu menggambarkan suami atau istri yang gak pulang-pulang, suami yang tiba-tiba serumah dengan perempuan lain, kecintaan pada ayah atau ibu maupun sekedar menjelaskan ada goyangan baru untuk menghilangkan rasa gegana (gelisah, galau, merana). Musik dangdut gak membuatmu berpikir keras tentang apa maksud lagunya.

  4. Kamu tidak akan mungkin mellow gara-gara musik dangut.
    Terlepas dari lirik yang menggambarkan betapa merananya kondisi yang dijelaskan dalam lagu, kamu akan lebih susah menangis jika mendengarkan musik dangdut. Bagaimana bisa menangis kalau belum sampai klimaks emosi, eh si penyanyi sudah keburu joget. Mau gak mau ikut joget deh, lupakan semua air mata yang gak sempat berderai itu.

  5. Musik dangdut tidak mengubah perilaku atau gayamu.
    Coba lihat sekeliling kamu! Pasti ada berapa orang yang mengikuti gaya rambut atau berbusana dari penyanyi terkenal seperti Rihanna, Taylor Swift, Fatin Shidqia, Isyana Sarasvati dan lainnya. Nah, bandingkan dengan “trend” yang dibawa oleh para penyanyi dangdut. Apakah kamu pernah melihat orang di sekitarmu punya jambul tertentu? Apakah ada yang berjalan di mall dengan bulu mata anti kiamat? Atau ada yang tiba-tiba joget nge-hits di tempat umum? Bencong ngamen mungkin iya untuk keperluan hiburan dan cari duit, tapi orang pada umumnya tidak terseret trend dari dunia dangdut.

  6. Lagu dangdut yang baik seringkali menyampaikan pesan-pesan moral tertentu.
    Ada banyak lagu dangdut yang menyampaikan pesan-pesan positif seperti harus rajin beribadah, jangan bermain-main dengan perasaan seseorang, jangan terlena dengan dunia maya, jauhi minuman memabukkan atau hal merusak lainnya dan masih banyak lagi. Walaupun kadang dinyanyikannya dengan baju ketat dan mengundang kecelakaan, lewat musik dangdut lah kita dapat belajar berpikir positif. Kita jadi mampu berpikir positif bahwa di balik penampilan yang seronok itu ada pesan-pesan yang menyentuh dan bermakna untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

  7. Kamu akan belajar untuk jadi pribadi yang kuat dengan musik dangdut.
    Pernah mendengar orang bunuh diri karena musik pop yang lirik dan alunannya menyayat hati? Banyak! Pernah mendengar orang bunuh diri karena dangdut? Bisa jadi, tapi kemungkinan kecil. Kebayang gak sih betapa sakitnya kalau pasangan hidup gak pulang-pulang sejak lama tapi ternyata dia sudah serumah dengan wanita atau pria lain? Kebayang gak betapa hancurnya ketika kamu dimadu karena alasan materi atau bahkan fisik? Musik dangdut itu mengemas segala rasa pilu itu dengan alunan nada yang tetap bikin joget. Mereka move on sangat cepat dengan lagu dangdut sambil berdendang.

Setidaknya tanpa musik dangdut, mungkin tingkat bunuh diri di Indonesia sudah menyamai Korea Selatan karena berbagai permasalahan di negeri ini. Bersyukurlah, Indonesia punya dangdut!

Source : 7 Alasan kenapa perlu mendengarkan musik dangdut