Mengapa mata ikan Cupang tiba-tiba menonjol atau bengkak, Apakah itu membahayakan ?

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup banyak penggemarnya, bahkan di sebagian negara ikan ini dikategorikan sebagai hewan paling mahal di dunia. Harga ikan bernama latin Betta Channoides ini bisa dibandrol sampai ratusan juta rupiah. Tetapi bagaimana bila fisiknya tidak seperti biasanya atau ada sesuatu yang mengganjal di dalam tubuhnya?

Yang jelas hal itu akan menjadi ancaman terhadap ikan Cupang. Pop eyes disebabkan oleh infeksi. Ada dua macan virus yang bisa menyerang ikan hias, yakni Epithelioma populasi dan herpes. Serangan virus pertama dapat menimbulkan cacat, berupa bercak putih yang secara perlahan membentuk lapisan lemak berlendir dan berwarna transparan.

Jika serangan terjadi di mata, bisa menyebabkan pembengkaan pada bola mata. Sementara itu, virus herpres merupaken virus ganas yang bisa menyebabkan kematian massal.
Virus adalah mikroorganisme halus yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Organisme ini tergolong unik karena tidak memiliki pencernaan sehingga untuk dapat hidup harus menumpang pada tubuh ikan yang dijadikan inang. Virus dapat memperbanyak diri di dalam sel pencernaan inang, sekaligus memproduksi asam nukleat demi kebutuhan hidupnya.

Di dalam tubuh inangnya, virus membentuk selubung protein yang di sebut capsid. Setiap virus memiliki capsid yang berbeda, sehingga ada virus yang tidak bisa di imunisasi akibat capsidnya bisa berubah-ubah. Padahal, capsid inilah yang menjadi pertahanan tubuh virus.

Serangan virus mengakibatkan kerusakan sel atau jaringan cukup luas dan membawa kematian dalam tempo relatif cepat. Infeksi virus yang menyebabkan terjadinya ifeksi skunder dapat melemahkan tubuh ikan.

Penanggulangan

Merawat kebersihan kolam.

Pengobatan

Pengobatan akibat serangan virus epithelioma papulasum bisa menggunakan arsenik yang di larutkan ke dalam senyawa arycil dengan dosis 1ml larutan arsenic 1% di campur dengan senyawa arycil dengan konsentrasi 5%. Selanjutnya, campuran kedua cairan tadi di suntikan ke tubuh ikan yang terserang penyakit sebanyak 3 kali selang 1 hari.

Belum ada obat yang efektif untuk pengobatan pop eyes yang di sebabkan oleh serangan penyakit herpes. Cara terbaik ialah dengan imunisasi virus herpes yang telah di lemahkan. Selain itu, cucilah kolam menggunakan klorin, keringkan, jemur dan setelah 10 hari baru di isi air.