Mengapa masyarakat indonesia sangan sensitif sekali dengan hal hal yang berbau suku,agama dan ras?


(Hanif Hasanain) #1

Indonesia menjad salah satu Negara dengan beragam suku,agama dan ras. oleh karena itu Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan. namun sekarang ini seringkali terlihat banyak sekali masalah masalah yang timbul di masyarakat kita Karena hal hal yang sepele, terutama karena masalah perbedaan suku,agama dan ras. mengapa masyarakat Indonesia sangat sensitive sekali dengan hal hal yang berbau perbedaan suku,agama dan ras? padahal sudah seharusnya kita menjaga kerukunan bermasyarakat. tuliskan tanggapan anda mengenai hal ini…


(Septi sulistio ardoko) #2

Menurut pendapat saya

Rakyat indonesia sebagian besar belum terdidik dengan benar dengan materi menghormati SARA, dan juga salah satu faktornya adalah sifat individualisme dari luar yang mulai menyebar di indonesia, karna itu pendidikan moral perlu demi membuat masyarakat paham akan pentingnya menghormati SARA dalam bermasyarakat.


(Audrey Chyara) #3

Menurut saya hal ini dikarenakan SARA bersangkutan dengan adanya keanekaragaman dan kemajemukan bangsa di Indonesia yang menimbulkan adanya perbedaan pandangan maupun pendapat. Setiap orang tentunya mempunyai pandangan, pendirian maupun pendapat yang berbeda-beda, apalagi jika sudah menyangkut kepercayaan maupun adat serta budaya suatu kaum, dimana kepercayaan merupakan salah satu bentuk hubungan rasa syukur terhadap Tuhan. Tetapi manusia secara kodrat diciptakan sebagai mahkluk sosial yang mengusung nilai harmoni. Perbedaan yang mewujudkan baik secara fisik maupun mental, sebenarnya merupakan kehendak Tuhan yang seharusnya dijadikan sebagai sebuah potensi untuk menciptakan sebuah kehidupan yang menjunjung tinggi toleransi. Karena kurangnya pendidikan karakter terhadap masyarakat Indonesia membuat masyarakat Indonesia mempunyai sifat yang individualisme, dan belum lagi banyaknya provokator yang memprovokasi suatu masalah dan membuatnya semakin menjadi masalah “besar” padahal tak seharusnya diributkan.
Menganut pada prinsip “Bhinneka Tunggal Ika” (Berbeda-beda tetapi tetap satu jua / Unity in Diversity), moto ini wajib kita terapkan dalam kehidupan agar kita saling bertoleransi dan menghargai satu sama lain dalam hal perbedaan suku,agama dan ras. Apabila kita memegang moto ini pasti Indonesia jauh dari keributan dan negara kita akan damai serta sejahtera :relaxed:


(Ridho Hardiansyah) #4

dengan pendidikan yang kurang maka sedikit pula ilmu yang mereka punya, dan sedikit ilmu yang itulah yang dimana akhitnya mudahnya mereka di provokasi maka di situlah dengan gampangnya para provokator dan pelaku adudomba yang mengadudomba banyak rakyat Indonesia tersebut.


(Renaldy Wijaya Putra) #5

Semua nya berawal dari Pendidikan Pancasila. Jika seluruh masyarakat Indonesia sudah memahami betul nilai-nilai Pancasila dalam setiap sila Pancasila, tentu hal itu tidak akan terjadi . Karena sudah jelas disebutkan dalam Pancasila sila ke-3 “Persatuan Indonesia”. Dalam artian menjungjung tinggi TOLERANSI sangat diharuskan.