Mengapa manusia memiliki alis?

alis

Dahi dan struktur wajah manusia semakin halus dibandingkan pendahulu-pendahulunya. Yang mengejutkan, ternyata keberadaan alis semakin halus dan rapi di manusia modern dibandingkan manusia pada zaman sebelumnya. Namun apa saja manfaat alis bagi manusia?

Berikut alasannya, menurut artikel yang dilansir iflscience:

  1. Alis mata yang sangat mudah bergerak ternyata bisa membantu manusia modern berkomunikasi dengan orang lain secara non-verbal

  2. Dulu alis digunakan sebagai penanda kekuasaan, sedangkan alis di masa kini lebih berfungsi pada penyampaian ekspresi ramah karena kita lebih terhubung satu sama lain secara sosial

  3. Gerakan alis memungkinkan kita untuk mengekspresikan emosi yang kompleks, serta merasakan emosi orang lain

  4. Menahan keringat agar tidak langsung menuju ke mata

Sumber gambar & referensi

https://hips.hearstapps.com/hmg-prod.s3.amazonaws.com/images/halo-brow-1520367109.jpg
https://science.idntimes.com/discovery/bayu/jawaban-kenapa-kita-punya-alis/full

Alis membentuk citra wajah dan berfungsi dalam komunikasi. Tetapi selain itu alis juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai pelindung mata. Fungsi utama dari alis kita ialah untuk mencegah masuknya air atau keringat ke dalam mata. Lengkungan pada alis mengalihkan air atau keringat kesisi wajah dan menjaga area mata tetap kering. Alis juga mencegah kotoran atau debu memasuki mata dan mempunyai peran dalam pengenalan wajah. Mirip seperti sidik jari setiap orang memiliki bentuk alis yang berbeda-beda. Jadi alis dapat berkontribusi dalam pengenalan wajah khususnya hal ini dimanfaatkan di lembaga penegak hukum.

Manfaat lain dari alis ialah membantu menunjukan ekspresi. contohnya ialah alis yang terangkat satu menunjukan sikap skeptisisme. Komunikasi dengan alis kita sangat penting dalam komunitas tuna rungu karena ekspresi wajah benar-benar mengubah makna dari komunikasi tangan.

1 Like