Mengapa Manusia Butuh Tidur?

Apa saja harus kita lakukan saat mengantuk? Salah satu jawabannya pasti tidur. Yap, tidur merupakan hal yang hampir selalu kita lakukan di malam hari. Normalnya, jika dihitung-hitung kurang lebih seperempat hidup manusia akan dipergunakan untuk tidur. Sebenarnya apa sih yang membuat kita harus tidur?

beberapa penjelasan yang diberikan oleh peneliti untuk memahami alasan, mengapa kita butuh tidur.

1.Memperbaiki tubuh
Kita menghabiskan dua pertiga dari hari untuk beraktivitas yang membutuhkan banyak energi. Energi ini sendiri punya batas dan tidak bisa digunakan tanpa henti. Karenanya, kita butuh istirahat untuk memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk memperbaiki diri. Ini harus dilakukan agar nantinya tubuh bisa kembali bekerja secara optimal. Tidur juga penting untuk proses penyembuhan. Saat tidur, tubuh akan berkembang dan memperbaiki sistem saraf, otot, serta tulang.

2.Melindungi diri
Para ilmuwan percaya, tidur penting untuk perlindungan manusia. Manusia tidur di malam hari ketika mereka memang seharusnya bersembunyi dan tidak pergi ke mana-mana. Ini membuat manusia aman dari serangan binatang buas.

3.Meningkatkan proses pembelajara
Beberapa studi di bidang psikologi telah membuktikan, tidur diperlukan untuk meningkatkan proses pembelajaran manusia. Ketika tidur, otak akan menggali informasi dan memori jangka pendek, lalu menyimpannya ke memori jangka panjang, sehingga kita mampu mengingatnya lebih lama.

4.Pembersihan diri
Saat tidur, otak mengeluarkan semua racun dan produk sisa dari sistem saraf pusat. Ini adalah alasan mengapa kita butuh tidur. Tidur dibutuhkan untuk menyingkirkan zat-zat tak berguna dari tubuh. Sayangnya, penelitian menemukan, proses “pembersihan” yang tidak berjalan dengan lancar akan memicu penyakit seperti Alzheimer.

Sumber: