© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa manajer produk dibutuhkan oleh Startup?

startup

Seorang manajer produk yang baik bukan orang yang terlalu memfokuskan sebagian besar waktunya pada masalah internal saja. Ia tetap harus memahami karakteristik pasar dan konsumen, hingga memvalidasi calon pelanggan. Prioritas yang diperlukan adalah pada hasil keluaran produk yang dihasilkan.

Mengapa manajer produk dibutuhkan oleh Startup?

Di balik sebuah produk berkualitas dengan fiturnya yang menakjubkan, ada seorang Product Manager yang secara terus menerus meningkatkan kualitas produknya bersama dengan timnya yang luar biasa. Profesi ini dapat dikatakan sebagai ujung tombak dari kualitas sebuah produk, karena itu orang yang mendudukinya pun harus mampu membuat sistem yang meningkatkan kualitas produk sembari mempertahankan visi, strategi, desain, dan eksekusi produk yang dibuat. Seorang Product Manager juga harus mampu membuat produk yang tepat bagi masyarakat sembari menjaga keseimbangan kerja dalam tim melalui komunikasi yang baik.

Ketika adanya Product Manager, founder tetap memiliki kendali penuh dari penentuan visi hingga produk tersebut meluncur ke pasar. Seiring berkembangnya sebuah produk, Product Manager sangat dibutuhkan untuk dapat bekerjasama dengan CEO secara efektif demi menghasilkan produk yang dibutuhkan konsumen. Dengan adanya Product Manager, CEO bisa lebih fokus pada keberhasilan visi serta strategi yang tepat untuk memasarkan sebuah produk.

Product Manager adalah seseorang yang mampu untuk mengerti visi perusahaan sekaligus apa yang diinginkan pengguna dari produk yang dihasilkan, memprioritaskan fitur serta membangun roadmap produk itu sendiri, dan mengembangkan jumlah pengguna dengan melakukan eksperimen secara berkala.

Peranan seorang Product Manager sangatlah penting in gluing the team. Atau bisa dikatakan keeratan hubungan antar anggota tim juga bergantung pada bagaimana Product Manager menyatukan mereka. Karena ke depannya sebuah tim akan bekerja bersama-sama untuk membuat sebuah produk yang berhasil. Hal-hal kecil dapat dilakukan seperti membangun komunikasi singkat sehari-harinya dengan 1 tim untuk berbagi opini mengenai isu-isu menarik serta apa saja yang akan dilakukan pada hari itu, dan masih banyak lagi.

Sumber : https://www.filemagz.com/product-management-untuk-kualitas-produk-yang-lebih-baik/