Mengapa manajemen produk itu penting?

manajemen_produk

(Dictio Community) #1

Apa yang mengakibatkan manajemen produk itu menjadi penting ? Hal-hal apa saja yang membuatnya penting ?


(Himawat Aryadita) #2

Sumber gambar : linkedin.com

Pada dasarnya product management (manajemen produk) fokus terhadap bagaimana membuat sebuah produk yang dapat melayani pelanggan secara efektif dan dapat meraih business objective yang telah ditentukan sebelumnya. Didalam manajemen produk juga ditekankan untuk selalu dapat memastikan kedua hal tersebut berlangsung secara berkesinambungan.

Manajemen produk menjadi hal yang sangat penting dikarenakan :

1. Membangun pemahaman terhadap pasar dan pelanggan, dinamika persaingan yang semakin ketat dan peluang-peluang yang ada.

Beberapa hal yang harus dipahami dalam membangun pemahaman terhadap pasar dan pelanggan, dinamika persaingan yang semakin ketat dan peluang-peluang yang ada adalah, mengutip dari sqa.org.uk :

  • Harus dapat mengidentifikasi pelanggan anda saat ini dan kebutuhan mereka di masa yang akan datang. Anda juga dituntut untuk dapat memprediksi ekspetasi pelanggan di masa yang akan datang.
  • Harus dapat mengidentifikasikan segmentasi pasar untuk produk anda.
  • Harus dapat mengidentifikasikan dan memperkirakan pengembangan produk anda di masa yang akan datang. Anda juga dituntut untuk dapat memperkirakan apa yang akan dilakukan oleh pesaing anda.
  • Harus dapat mengidentifikasikan dan memperkirakan peluang-peluang yang ada sehingga dapat mengambil pasar baru dan berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Harus dapat mengidentifikasi alasan pengguna sehingga kita dapat mengetahui mengapa pengguna menggunakan produk atau jasa kita, bukan produk atau jasa peasing kita.
  • Harus dapat mengidentifikasi dan memperkirakan segala ancaman dan kelemahan yang ada pada produk atau jasa kita.
  • Harus dapat memastikan adanya kesepahaman terhadap pelanggan dan pesaing anda di dalam orgnaisasi anda.
  • Menggunakan informasi-informasi tersebut untuk membatu pihak manajemen dalam mengambil sebuah keputusan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi-informasi terkait dengan hal tersebut diatas, maka kita dituntut untak mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang :

  • Dimana anda mendapatkan informasi pelanggan dan pasar anda serta keuntungan dan keurangannya dari berbagai sumber.
  • Bagaimana anda mendapatkan informasi pesaing anda?
  • Bagaimana anda dapat memperkirakan bahwa sumber informasi tersebut tentang pelanggan dan pasar anda tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Bagaimana metode yang anda lakukan untuk medapatkan feedback dari pelanggan anda ?
  • Bagaimana menganalisa, mengukur dan menaksir data yang ada menjadi sebuah informasi yang berguna untuk organisasi anda?
  • Perlu dipertimbangkan untuk bagaimana menggunakan bantuan perangkat lunak dalam mengumpulkan data dan menganalisa data tersebut.
  • Mengetahui aturan-aturan hukum terkait mengumpulkan, menyimpan dan menyebarluaskan informasi tersebut.
  • Memastikan bahwa pengguna memahami proses dalam negumpulkan informasi dan peran mereka dalam membantu organisasi.

2. Membuat skala prioritas dalam pengembangan produk, potensi pendapatan dan dinamika pasar.

Didalam mengembangkan sebuah produk atau jasa, biasanya kita sudah memiliki product roadmap, hingga produk atau jasa yang kita kembangkan menjadi produk atau jasa yang ideal. Tetapi kita tidak bisa memaksa bahwa semua fitur yang ada pada product roadmap dapat kita wujudkan sekaligus. Oleh karena itu dibutuhkanlah skala prioritas.

Sakala prioritas disini sangat bergantung terhadap peluang-peluang mana yang penting, sehingga kita harus dapat mewujudkan peluang-peluang yada pada saat ini, sehingga kita tidak kehilangan momentum.

Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan dalam mengembangkan produk, adanya keselarasan antara product roadmap dengan kebutuhan pelanggan saat ini.

Pada fase ini kita juga mulai berhitung terkait potensi pendapatan yang akan kita dapat selama proses pengembangan produk dengan menganalisa dinamika pasar yang ada.

3. Membantu men-deliver produk ke pasar dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan

Didalam men-deliver sebuah produk ke pasar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen produk, antara lain :

  • Memastikan bahwa kita men-deliver produk yang tepat
    Didalam manajemen produk, kita harus memastikan bahwa produk yang kita buat adalah produk yang tepat, produk yang memang dibutuhkan oleh pelanggan dan membuat pelanggan puas dalam menggunakan produk kita.
    Jangan pernah menerka-nerka produk seperti apa yang tepat
    Produk kita dikatakan tepat hanya bisa dijawab oleh pelanggan. Bearap banyak pelanggan yang menggunkana produk kita ? Berapa banyak pelanggan yang kembali menggunakan produk kita ? Berapa banyak pelanggan melakukan transaksi ?
    Oleh karena itu, kita dituntut untuk membuat target yang terukur ketika men-deliver produk kita, sehingga kita dapat menentukan bahwa produk yang kita deliver adalah produk yang tepat.

  • Memastikan bahwa kita men-deliver produk kita di WAKTU yang tepat
    Banyak yang mengatakan saat yang tepat men-deliver produk adalah “sekarang”. Apakah hal tersebut sepenuhnya benar ? Didalam manajemen produk kita dituntut untuk menganalisa hingga ke waktu yang tepat dalam men-deliver produk kita.
    Terutama dalam produk IT, kalau kita terlalu cepat men-deliver produk kita, bisa jadi pelanggan kita belum siap dalam menggunakan produk kita. Apabila terlalu lambat, sudah banyak pesaing dan pelanggan sudah banyak yang menggunakan produk pesaing kita. Oleh karena itu momentum (waktu yang tepat) merpuakan salah satu faktor kunci keberhasilan produk kita.

  • Value proposition
    Value proposition adalah pernyataan bisnis (business statement) yang organisasi berikan untuk merangkum alasan mengapa pelanggan membeli produk kita atau menggunakan jasa kita.Pernyataan ini haruslah meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa yang kita buat akan menambah nilai atau memberikan solusi yang lebih baik dibandingan produk atau jasa yang sudah ada sebelumnya.

4. Memastikan bahwa produk kita tetap kompetitif di masa yang akan datang

Manajemen produk tidak hanya berhubungan dengan produk yang baru. Proses manajemen produk akan selalu dilakukan selama produk tersebut masih ada di pasar.

Menjaga agar produk kita selalu kompetitif di pasar merupakan tugas yang sangat berat. Berapa banyak produk yang awalnya unggul, terutama produk IT, menjadi tidak kompetitif lagi dikarenakan tidak melakukan inovasi produk dengan benar.

Bagaimana kita selalu mendapatkan feedback dari pengguna? Bagaimana kita men-deliver kebutuhan-kebutuhan pengguna ? Bagaimana kita beradaptasi dterhadap pesaing-pesang lama maupun yang baru ?

Hal-hal tersebut harus selalu dipastikan, sehingga produk kita selalu kompetitif kapanpun dan dimanapun.