Mengapa manajemen perlu di terapkan di dalam sebuah organisasi dan apa dampak negatif apabila sebuah organisasi tidak melakukan manajemen di organisasinya ?

Sebuah organisasi memiliki suatu tujuan yang akan dicapai apabila orang orang di dalam organisasi tersebut melaksanakan apa yang ada di organisasi tersebut. Manajemen dalam organisasi juga merupakan salah satu cara dalam mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Lalu mengapa manajemen perlu di terapkan id dalam sebuah organisasi dan apa dampak negatif apabila sebuah organisasi tidak melakukan manajemen di dalam organisasi yang dia miliki ?

Dalam sebuah organisasi memiliki suatu tujuan yang akan didapatkan dengan cara yang berbeda-beda setiap organisasi. Untuk mencapai tujuan dalam organisasi, baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu yang ada dalam organisasi tersebut. Semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan adanya manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.

Ada empat tujuan manajemen dalam sebuah organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan Sosial
    Tujuan sosial manajemen adalah agar organisasi bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.

  2. Tujuan Organisasional
    Tujuan organisasional adalah sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

  3. Tujuan Fungsional
    Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

  4. Tujuan Individual
    Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.

Dampak negatif apabila sebuah organisasi tidak melakukan manajemen yaitu :

  1. Tujuan yang organisasi tidak akan tercapai.

  2. Waktu yang digunakan dalam mencapai tujuan organisasi akan lebih panjang.

  3. Mendapatkan kerugian yang besar baik berupa finansial maupun tenaga dalam mencapai tujuan organisasi.

Sumber :
(-Sebagai Referensi-: Makalah Alasan Manajemen Dibutuhkan Dalam Suatu Organisasi)