Mengapa Makam Loang Baloq tidak Pernah Sepi Pengunjung?

image

Orang Indonesia masih percaya dengan banyak hal ang mistis, salah satunya adalah makam, makam seringkali menjadi tempat keramat dan mistis. Apalagi jika yang dikuburkan adalah tokoh terkenal dan berpengaruh biasanya akan menjadi tujuan wisatawan religi dan sejarah. Makam Loang Baloq dan Makam PPH Van Ham adalah dua makam yang terkenal di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Konon Makam Loang Baloq ini memiliki sebuah misteri yang menyebabkan banyak orang berdatangan. Sobat diskusi tau kisah misterinya?

Menurut berita setempat salah satu alasan mengapa makam ini ramai adalah pengunjung yang datang ke kompleks makam ini juga menggelar sejumlah ritual seperti potong rambut anak yang masih balita atau disebut dengan ‘ngurisang’. Peziarah yang datang biasanya juga menyampaikan nazar dan berdoa di makam agar segera permintaanya segera dikabulkan. Bagi yang menyampaikan nazar tertentu, para peziarah selalu mengikatkan sesuatu ke akar gantung pohon beringin.

Jika nazar mereka dikabulkan, para peziarah tersebut akan kembali lagi ke tempat itu dan membuka ikatan serta membayar nazar yang sudah disampaikan. Tradisi dan kebiasaan ini disebut dengan ‘Saur Sesangi’. Kompleks ini ramai dikunjungi warga saat lebaran Idul fitri.