Mengapa literasi sangat penting bagi generasi muda?

image

Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan. Penanaman literasi sejak dini bisa dikatakan sangat penting di generasi muda tapi permasalahannya adalah Indonesia salah satu negara dengan rendahnya penguasaan literasi yang dibuktikan melalui survei Programme for International Student Assessment (PISA). Survei menunjukkan Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara dalam penguasaan literasi. Padahal, dari segi penilaian infrastuktur untuk mendukung kegiatan membaca, Indonesia berada pada peringkat di atas negara-negara Eropa.

Jadi bagaimana tanggapan kalian tentang rendahnya literasi di Indonesia? dan mengapa literasi sangat penting bagi generasi muda? Yuk diskusi!

Summary

Irianto,Putri Oviolanda. & Febrianti, Lifia Yola. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA.
Kompasiana/ Pentingnya Literasi untuk Generasi Muda.

Menurut saya, literasi sangat penting bagi generasi muda. Literasi adalah sumber informasi untuk segala hal. Dengan memperbanyak literasi, semakin banyak wawasan seseorang. Pengetahuan dan wawasan yang luas dapat membantu generasi muda di persaingan global. Tantangan persaingan global adalah kemampuan untuk mencetuskan ide-ide inovatif dan kreaitivitas. Tantangan ini dapat diatasi dengan memiliki pengetahuan yang luas. Oleh karena itu, literasi sangat penting bagi generasi muda.

Menurut saya literasi untuk kalangan anak muda sangatlah penting terutama di era yang serba digital dimana informasi bisa di dapatkan dengan sangat mudah dan cepat. Pertama - tama seperti yang sudah dikatakan oleh @ClaudiaA , literasi itu penting untuk membangun generasi muda yang berwawasan luas dan dapat bersaing di dalam persaingan global sehingga meningkatkan literasi untuk kalangan generasi muda sangat di perlukan. Yang kedua, adalah literasi membuat orang dapat mencerna sebuah informasi dengan baik dan menumbuhkan sikap kritis terhadap sesuatu hal. hal ini tentu sangat diperlukan mengingat setiap harinya kita menerima berbagai macam informasi tentang berbagai macam hal dan tidak jarang anak muda malah menerima begitu saja informasi tanpa memeriksa kebenarannya terlebih dahulu sehingga literasi menjadi bagian yang amat penting dalam perkembangan generasi muda ke depannya.

Menutuku ya karena Buku memang Jendela Dunia. Makna ‘Jendela Dunia’ disini maksudnya adalah dengan membaca, kita tuh jadi terbuka wawasannya, otak kita jadi ke-isi dengan informasi, ilmu-ilmu baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Dengan membaca, kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui. Sehingga wawasan kita akan bertambah. Maka di tengah disruptive era seperti saat ini, kita sebagai anak anak muda sudah seharusnya tau apa yang sedang terjadi di lingkungannya, dan bagaimana sumbang sih solusi dari kita untuk masalah tersebut. Selain itu, dengan kemampuan literasi yang baik, dengan kemampuan literasi baca-tulis yang memadai dan mumpuni, kita sebagai individu, masyarakat, dan bangsa tidak akan mudah terombang-ambing oleh berbagai informasi yang beraneka ragam yang datang secara bertubi-tubi kepada kita. Sumbernya darimana? ya dari membaca, entah membaca buku, jurnal, artikel atau berita itu tadi.

penting dong, inget pesan orang tua dulu “buku adalah jendela dunia” dengan dunia yang semakin berkembang menuju tak terbatas ini penting bagi kita untuk berkontribusi didalamnya. literasi salah satu bentuk cara perwujudan menciptakan generasi penerus yang berkualitas tentunya.

Zaman semakin berkembang dan makin banyak informasi yang harus diketahui tentang perkembangan atau penemuan baru didunia. kenapa literasi penting, karena peran literasi sangat dibutuhkan untuk mengatahui informasi tersebut dan dengan literasi dapat membuat seseorang memiliki banyak pengetahuan. Banyak manfaat dari literasi itu sendiri seperti;

  1. Dengan literasi, tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima menjadi lebih baik.
  2. Membantu orang berpikir secara kritis, dengan tidak mudah terlalu cepat bereaksi.
  3. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca.
  4. Membantu menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang.
Sumber

ruangguru//pengertian-literasi

Kemajuan teknologi yang semakin canggih memunculkan kekhawatiran tersendiri khususnya di Indonesia. Tingkat literasi yang rendah adalah hal terpenting yang harus dihadapi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kurangnya kesadaran generasi muda akan pentingnya berliterasi. Dengan berliterasi juga akan membuka cakrawala dunia sehingga literasi sangatlah penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Apalagi dalam dunia pendidikan yang memberikan dampak terbesar untuk kemajuan bangsa. Di kalangan generasi muda Indonesia pun juga belum tertanam kecintaannya pada membaca. Persaingan dunia yang semakin kompetitif ini, generasi muda Indonesia harus membekali diri dengan ketrampilan dan kompetensi pengetahuan yang banyak dari berbagai aspek kehidupan serta kemampuan berkomuknikasi yang baik. Tingkat literasi yang tinggi akan menciptakan generasi muda yang cerdas, memiliki daya pikir kritis, lebih kreatif dan inovatif