Mengapa kurikulum 2013 menyuruh siswa untuk lebih mandiri mencari bahan materi dari berbagai sumber, sedangkan guru hanya sedikit menjelaskan? Bukankah tugas guru mengajari murid-muridnya sampai paham?

Kurikulum adalah rencana, peraturan, dan rangkaian proses untuk mencapai suatu tujuan. Di dalam dunia pendidikan, hal ini mengarah pada banyaknya mata pelajaran di sekolah yang harus dipelajari, atau metode aturan dalam proses pembelajaran.

Karena dalam kurikulum 2013, pembelajaran secara mandiri ini membawa dampak positif baik bagi siswa maupun guru, yaitu:

Memungkinkan Siswa Lebih Aktif, Inovatif dan Kreatif

Selain memudahkan proses pembentukan karakter, kurikulum 2013 juga memiliki keunggulan dari sisi mendorong siswa untuk lebih aktif. Karena kurikulum ini didesain secara khusus agar siswa lebih inovatif dan kreatif di dalam berbagai hal. Khususnya dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi saat proses pembelajaran.

Mendorong Guru untuk Semakin Kreatif Sebagai Fasilitator Pembelajaran

Kurikulum 2013 ini juga mendorong guru agar semakin kreatif di dalam memberikan pengajaran kepada para siswa. Dimana, inovasi dan keahlian guru diperlukan agar materi yang dimaksud dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami siswa. Dalam hal ini, penting bagi seorang guru untuk terbuka dan selalu berupaya mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Sumber : https://wisatasekolah.com/kekurangan-dan-kelebihan-kurikulum-2013/